Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Literasi Indonesia

Jambore Jatim, Memupuk Jiwa Kompetitif dan Meningkatkan Soft Skill Siswa

Edukasi | Thursday, 12 Oct 2023, 05:46 WIB
Keseruan Kegiatan Jambore Jatim

Kegiatan Jambore Daerah adalah sebuah pertemuan penggalang se-Jawa Timur. SMP Negeri 1 Krembung mendapatkan kuota dari Kwarcab Sidoarjo untuk mengirim 6 siswa yang akan diberangkatkan ke Tuban pada tanggal 2-7 Oktober untuk mengikuti Jambore Daerah.

6 siswa tersebut, yaitu Achmad Faris Pratama (9.3), Mayla Ulul Azmi (9.3), Riyuki Adelia Agata (8.5), Rania Sheika Moza (8.7), Danisha Filza Huda (8.7), dan Ahmad Husein Rifa'i (8.6). Mereka telah melakukan pelatihan selama 4 pertemuan dengan semua peserta Jambore dari sekolah lain. Total seluruh peserta Jambore adalah 3 regu putra dan 3 regu putri.

Upacara pelepasan peserta Jambore Daerah yang dilaksanakan di Sanggar Kwarcab Sidoarjo (29/09/2023). Upacara pelepasan ini dihadiri oleh orang tua dan pengurus harian Kwarcab. Setelah pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan tampilan Tari Reog Cemande. Seusai penampilan tari, dilanjutkan penampilan Patrol yang diikuti oleh peserta dari Krembung. Lalu dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan mengenakan jaket kontingen.

Pada Senin (2/10/2023) Kontingen Sidoarjo siap untuk berpartisipasi dalam Jambore Daerah Jatim. Mereka berangkat menuju Tuban dengan naik bus mulai jam 06.30. Tidak terasa, kurang lebih 6 jam perjalanan. Mereka sudah sampai di bumi perkemahan Ngawun Abilowo Parengan Tuban.

Sesampainya di sana, mereka menuju kavling perkemahan untuk mendirikan tenda. Jam sudah menunjukkan pukul 18.30, saatnya bagi semua peserta Jambore untuk mengikuti upacara pembukaan yang dihadiri langsung oleh Kakwarda, Bupati Tuban, dan Ibu Gubernur Jawa Timur.

Perlu diketahui, kegiatan Jambore Daerah ini mempunyai banyak giat yang menarik untuk dijelajahi dan diikuti. Beberapa diantaranya, seperti Galang Explore Tuban yang menjelajah pusat Kota Tuban di Pantai Boom, Pendopo, dan Makam Sunan Bonang. Lalu ada Galang Petualangan yang menjelajah pantai, hutan, serta ada penanganan hewan reptil, dan berbagai giat cakap saka.

Tidak kalah menarik di acara Jambore ini, peserta bisa mendapatkan penghargaan berupa Core Camp dengan cara mengimplementasikan sikap peduli sesama manusia dan alam sekitar. Tentu dengan berlomba dan berkerja keras untuk mendapatkannya. Alhamdulillah, seluruh peserta dari Sidoarjo sudah mendapatkan Core Camp yang diidamkan oleh peserta.

Seminggu sudah berada di sana. Pada Minggu (8/10/2023) mereka melakukan perjalanan untuk kembali ke Sidoarjo. Tetapi tidak kembali begitu saja, mereka sejenak mampir untuk rehat di Pantai Cemara yang ada di pusat Kota Tuban. Setelah itu kembali ke rumah dengan siap menerapkan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan.

Penulis: Riyuki Adelia Agata (8.5).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image