Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cornelius Dias Saputra

Cara Menjadi Pemain Futsal Profesional

Olahraga | Wednesday, 11 Oct 2023, 08:26 WIB

Mengubah minat Anda menjadi karier adalah sesuatu yang ingin dicapai oleh manusia di seluruh dunia. Futsal adalah olah raga yang sulit untuk ditembus dalam hal menjadikannya profesional, dengan tingkat komitmen dan dorongan yang tepat Anda akan dapat mencapai impian Anda, kami telah memasukkan segala sesuatu di blog ini yang kami tahu dapat membantu Anda mencapainya. tujuan Anda menjadi seorang profesional.

Rahasia Menjadi Pemain Futsal Profesional, minimal Anda perlu melakukan hal-hal berikut:

1. Kerja keras dan punya tekad

2. Tahan terhadap kemunduran dan kegagalan

3. Berlatih lebih keras dari rekan-rekan Anda

4. Tingkat kebugaran jasmani yang tinggi

5. Bersiaplah untuk berkorban

7. Nutrisi tepat sasaran

8. Disiplin

9. Bersikaplah agak berbakat

10. Pertahankan sikap positif

11. Tingkat atletis yang alami

Hal di atas bukanlah jaminan menjadi seorang profesional melainkan syarat minimal.

Banyak anak-anak dan remaja di seluruh dunia bermimpi menjadi pemain olahraga profesional, ini adalah daya tarik yang menarik yang sering kali dihargai dengan baik dalam bentuk sponsorship, gaji, dan ketenaran. Sangat sedikit yang benar-benar mencapai tujuan ini, banyak yang gagal meskipun mereka mempunyai bakat. Penting untuk memiliki peta jalan yang jelas tentang cara melakukan upaya terbaik untuk menjadikannya profesional.

Jadwal latihan

Jika saat ini Anda bermain Futsal di level amatir dan berlatih sekali atau dua kali seminggu dan bermain game sekali atau dua kali seminggu, tanyakan pada diri Anda, apakah itu yang paling bisa saya lakukan untuk meningkatkan Futsal saya? Apakah itu hal terbaik yang bisa saya lakukan dalam upaya saya menjadi pemain Futsal profesional?

Anda tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan jawabannya dan seharusnya tidak. Menjadi seorang profesional dimulai jauh sebelum Anda menandatangani kontrak profesional pertama Anda, itu dimulai ketika tidak ada orang di sekitar Anda dan tidak ada yang mengetahui nama Anda.

Anda harus bekerja untuk itu - tidak ada jalan pintas. Pertimbangkan untuk meningkatkan jadwal latihan Anda menjadi 5-6 hari seminggu untuk memasukkan sebanyak mungkin sesi latihan dan permainan. Penting bagi Anda untuk memulainya sedini mungkin untuk meningkatkan jam paparan Futsal Anda.

Ada teori lama yang disebut aturan ‣ 10.000 jam, singkatnya, teori ini berkisar pada gagasan bahwa dibutuhkan waktu selama itu untuk menguasai suatu keterampilan.

Oleh karena itu, seorang pemain membutuhkan waktu sekitar 10 tahun atau lebih untuk menjadi pemain Futsal terbaik, jadi semakin cepat Anda memulai, semakin cepat Anda bisa mencapainya.

Anda juga harus kuat secara fisik dan memiliki tingkat kebugaran kardio yang tinggi, penting untuk menjaga kombinasi keduanya.

Anda harus mempertimbangkan untuk berolahraga di gym setidaknya dua kali seminggu dan menambahkan latihan kardio ekstra ke dalam rutinitas Anda di hari libur.

Contoh dasar tampilan jadwal Anda adalah seperti ini:

Senin: 07.00 Latihan beban, 18.00 Latihan Futsal

Selasa: 07.00 Latihan beban, 18.00 Latihan Futsal

Rabu: 07.00 Latihan kardio, 6 sore Latihan futsal

Kamis: 07.00 Latihan beban, 18.00 Latihan Futsal

Jumat: Hari istirahat

Sabtu : Pertandingan Futsal

Minggu : Pertandingan Futsal

Contoh di atas akan memberi Anda gambaran tentang bagaimana Anda harus memandang berbagai hal ketika mempertimbangkan suatu rutinitas agar Anda siap dan memiliki pola pikir seorang profesional.

Jika Anda menjadikannya sebagai seorang profesional, kemungkinan besar Anda akan menemukan jadwal pelatihan bisa lebih intens daripada contoh di atas.

Kenali Diri Anda

Tidak ada yang akan tahu seberapa bagus Anda sebagai pemain Futsal kecuali mereka melihat Anda, tapi jangan khawatir karena di dunia online saat ini, jauh lebih mudah untuk tampil di luar sana dibandingkan 15 tahun yang lalu.

Jadi dari mana Anda memulai? Ya, Anda minimal harus melakukan hal berikut, Bangun Brand, Futsal belum sebesar Sepak Bola sehingga Anda perlu membangun brand sendiri yang mencerminkan Anda sebagai pemain. Melakukannya tidaklah sulit, Anda harus mulai dengan membangun profil media sosial di semua platform utama seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Anda perlu mengambil foto, biasanya Anda dapat menemukan seseorang yang bersedia melakukan ini seperti teman atau rekan satu tim. Unggah semua yang Anda lakukan untuk Futsal di halaman ini, pelatihan, permainan, taktik belajar - semuanya!

Mengapa Anda mungkin bertanya? Ya, ini memberikan gambaran kepada siapa pun yang melihat profil Anda yang mengatakan "wow, orang ini 110% berdedikasi/terobsesi untuk menjadi seorang profesional", dan itulah yang Anda butuhkan.

Jangan lupa Youtube, setiap game yang kalian mainkan usahakan direkam. Saat Anda tiba di rumah untuk mengedit rekaman dan mengumpulkan semua momen Anda dalam highlight reel.

Anda akan terkejut melihat betapa banyak pelatih/pengintai yang menonton gulungan ini dan merekrut pemain atau membuat pertanyaan lebih lanjut berdasarkan mereka.

Saat Anda ingin membuat merek pribadi, Anda mungkin juga mulai didekati oleh merek untuk mempromosikan produk mereka atau bahkan mendapatkan kesepakatan sponsorship dengan merek olahraga ternama.

Setelah Anda membangun merek, Anda juga dapat melibatkan agen, seseorang yang dapat "Menjual" Anda ke klub Futsal di seluruh dunia.

Agen ingin diyakinkan bahwa Anda memiliki keterampilan dan dasar yang tepat untuk beroperasi pada level profesional, tentu saja reputasi mereka dipertaruhkan.

Cornelius Dias Saputra Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image