Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Akhlis Nastainul Firdaus

Pelatihan Branding Digital Dan Alat Bantu Asistif Kelompok Disablilitas Rumah Produksi Sablon

Bisnis | Tuesday, 10 Oct 2023, 12:02 WIB

Rumah produksi sablon kelompok disablilitas yang bertepat di jalan tempel, Sukaharjo Kota Surabaya merupakan kelompok disablitas yang memiliki potensi kreatif untuk dikembangkan menjadi jasa produktif. Usaha rumah produksi sablon milik bapak Khamim salah satu dari beberapa penyandang disablilitas yang bergelut di bidang jasa kreatif.

Pelatihan branding digital kelompok disabilitas (Dok/Pribadi)

Berdasarkan hasil observasi ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh penggerak unit usaha mikro kecil dan menengah pada kelompok disablitas ini. Pertama, Minimnya peralatan dalam produksi, mengingat kelompok disablilitas ini masih menggunakan alat yang manual, selain itu mereka juga terbatas dalam hal mobilitas sepertihalnya Pak Khamim saat ingin pindah tempat selalu dibantu/gendong oleh istrinya. Kondisi ini sudah dijalani selama puluhan tahun, dia mengalami lumpuh dikedua kakinya sejak lahir karena sakit polio. Kedua, Kurangnya strategi dalam branding produk, seperti logo produk serta foto produk. Ketiga, kurangnya strategi pemasaran online dengan pemanfaatan marketplace. Pada permasalahan ini mitra memang masih melakukan penjulan secara konvensional, sehingga dalam hal pemasaran masih belum efektif. Terakhir, minimnya pelatihan serta pendampingan usaha khusus kelompok disabilitas dalam hal penjaringan konsumen tetap.

Tim pelaksana merencanakan berbagai kegiatan untuk mengoptimalkan potensi kreatif yang dimiliki kelompok disabilitas, sehingga dapat memaksimalkan produksi, maanjeman serta pemasaran usaha. Pertama, dengan pengadaan alat produksi yang ramah disablilitas, seperti meja rolling sablon khusus duduk dan alat press pin dan mug, hal ini dapat memudahkan dalam proses pembuatan dan menjadikan mitra lebih produktif dalam hal produksi. Pelatihan branding produk serta workshop pemasaran online dengan menggunakan marketplace yang sudah tersedia, seperti wa bisnis, shopee, dan lain-lain. Selain itu, Coaching clinic terkait penjaringan konsumen, penjaringan konsumen tetap cukup penting dalam menarik pelanggan jasa produk.

Hasil pengapdian yang ditarget pada program pengabdian adalah Publikasi di jurnal nasional ber ISSN, publikasi di media massa elektronik, video pelaksanaan kegiatan, dan Peningkatan pemberdayaan mitra ditandai dengan produktifitas produksi dengan menggunakan alat sablon ramah disabilitas. Memiliki branding produk dan foto produk serta memiliki akun penjualan di market place yang sudah tersedia. Selain itu mitra bisa mengelola data konsumen, sehingga mitra memiliki konsumen tetap yang dapat menjadi omset penjualan meningkat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image