Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Atria Nathania Nazihah

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Eduaksi | Tuesday, 10 Oct 2023, 08:24 WIB

1. Mencegah dan mengobati mual serta muntah

Jahe dapat mencegah dan mengobati rasa mual serta muntah karena jahe mampu memblok serotonin yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi sehingga timbul rasa mual.

2. Memperbaiki pencernaan

Jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak sehingga dapat memperbaiki pencernaan.

3. Menurunkan berat badan

Kandungan senyawa kimia aktif gingerol, zingeron, shogaol, gingerin dan zingerberin dalam jahe berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Anti Histamin

Jahe memiliki sifat anti histamin yang bermanfaat untuk menyembuhkan stress, kelelahan, dan sakit kepala.

5. Anti koagulan

Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.

6. Anti oksidan

Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

7. Anti Inflamasi

Jahe memiliki sifat anti inflamasi sehingga baik untuk mengobati radang sendi dan berbagai gangguan otot, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menjaga kesehatan jantung.

8. Imunitas tubuh

Kandungan gingerol dan oleoresin pada minyak atsiri yang ada pada jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Cara mengonsumsi jahe :

1. Sebagai bahan minuman

Jahe dapat disajikan dengan cara membuatnya sebagai minuman yang dapat dikonsumsi setiap hari ,contohnya : bandrek, sekoteng, wedang jahe, wedang ronde, dan lain-lain.

2. Sebagai campuran pada makanan

Penyajian jahe selanjutnya yakni dengan menambahkan pada masakan sehingga makanan yang kita konsumsi dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

3. Sebagai obat herbal

Jahe bisa dijadikan sebagai kandungan utama obat herbal alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Penulis : Atria Nathania Nazihah, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image