Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image belvana sarah

Tips Membuka Usaha Angkringan untuk Generasi Muda

Bisnis | Monday, 09 Oct 2023, 13:52 WIB

Kuliner dalam bentuk angkringan tentunya sudah tidak asing di mata maupun lidah masyarakat Indonesia khususnya generasi muda. Dengan citra makanan yang enak, murah, serta tempat yang nyaman untuk sekadar ngobrol ngobrol atau nongkrong pastinya digemari anak muda Indonesia. Namun, selain menggemari sebagai pembeli, generasi muda juga dapat menggemari angkringan sebagai penjual atau pemilik dari bisnis angkringan itu sendiri.

Membuat bisnis tentulah bukan semudah membalikkan telapak tangan. Pastinya banyak hal yang harus dipertimbangkan matang matang untuk memulai suatu bisnis. Berikut ini adalah tips yang dapat kamu sebagai generasi muda khsususnya mahasiswa lakukan untuk memulai bisnis angkringan

1. Bentuk relasi bisnis

Sebelum membuka bisnis angkringan, bentuklah terlebih dahulu relasi bisnis. Relasi ini dapat berupa relasi antar teman, antar kakak atau adik tingkat, bahkan antar saudara atau keluarga. Relasi bisnis ini berfungsi agar tidak berat saat menjalankan bisnis karena dijalankan dan dipikirkan secara bersama sama. Jika menjalankan bisnis angkringan secara individu, tentunya boleh saja. Namun pastinya tidak akan seringan jika menjalankan bisnis secara bersama sama.

Membagi beban pikiran, membagi jumlah modal awal, memikirkan konsep bisnis, belajar membangun bisnis bersama teman selain mempermudah dan meringankan untuk membuat bisnis pastinya mengandung pengalaman yang lebih berharga dan terkenang.

2. Tentukan konsep dagang

Sebuah bisnis harus memiliki konsep yang unik dan inovatif sebelum direalisasikan. Konsep yang dapat mengundang dan menarik bagi banyak orang khususnya jika target pasarmu adalah anak anak muda. Konsep angkringan paling basic atau sederhana yang biasanya sudah banyak dipakai orang adalah konsep angkringan menggunakan gerobak kayu dengan tutupan terpal yang kuota pembelinya sekitaran 8-10 orang.

Tapi, jika ingin menggaet banyak anak muda, kamu dapat membuat konsep angkringan kekinian yang terasa seperti café. Misalnya, angkringan yang memiliki fasilitas seperti wifi, televisi, terdapat ruang indoor dan outdoor terpisah, serta mengusung konsep lesehan yang kekinian menggunakan bean bag dan sebagainya.

Konsep angkringan yang kekinian, terlihat baru, serta terlihat unik pastinya akan menarik banyak anak muda untuk datang dan mencoba suasana atau kesan yang dihasilkan oleh angkringanmu.

3. Membuat plan budgeting

Setelah mengetahui konsep seperti apa yang akan diusung oleh bisnis angkringanmu. Mulailah membentuk atau membuat plan budgeting yang detail dan jelas bersama relasi bisnismu. Banyak sekali hal yang harus dimasukkan dalam plan budgeting ini, seperti berapa modal yang harus dipersiapkan untuk membuat seluruh menu yang akan dihadirkan, modal untuk penyewaan tempat, biaya listrik, serta modal untuk menciptakan fasilitas yang ingin dihadirkan dalam angkringanmu.

Membuat plan budgeting harus dilakukan secara teliti dan perlahan, tidak terburu buru karena menyangkut tentang dana yang secara tidak langsung kamu dan relasi bisnismu investasikan dalam bisnis angkringan ini. Plan budgeting juga dapat kamu sesuaikan agar modal dana yang kamu miliki cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan bisnis

4. Pilih lokasi jualan yang strategis

Lokasi jualan yang strategis adalah kunci larisnya bisnis angkringanmu kedepannya. Pilihlah lokasi yang banyak dikunjungi orang untuk jajan atau berkuliner sehingga banyak orang yang dapat melihat dan mengunjungi angkringanmu. Kamu bahkan dapat berjualan di dekat kampus yang biasanya dikunjungi banyak mahasiswa kampus tersebut. Atau disekitaran taman taman kota, dan lain sebagainya.

Jika memilih lokasi yang tidak terlalu strategis, bisnis mu akan kurang dikenal dan dilihat oleh orang banyak sehingga akan memengaruhi ke-laris-an serta omset bisnismu.

5. Meng-highlight menu andalan

Ciptakan menu yang enak dengan nama yang menarik. Kemudian highlight atau tonjolkan menu tersebut sebagai menu andalan dari angkringanmu. Buatlah menu tersebut sebagai branding atau sebagai citra dan ciri khas dari angkringanmu serta buatlah menu tersebut menjadi sesuatu yang dapat kamu jadikan produk marketing terhadap angkringanmu

Sehingga banyak orang yang datang dengan salah satu alasannya adalah tertarik dengan menu andalan tersebut. Buat orang orang ingin merasakan sensasi dari menu tersebut dan akan kembali lagi ke angkringanmu karena menu yang sama.

6. Memberikan pelayanan yang terbaik

Pelayanan yang ditunjukkan terhadap kepada para pelanggan tentunya sangat memengaruhi penilaian pelanggan terhadap suatu bisnis khususnya tempat makan. Pelanggan akan merasa nyaman dan senang untuk makan ditempatmu apabila pelayanan yang diberikan sangat baik dan menyenangkan dihati.

Ciptakan pelayanan yang baik serta suasana yang nyaman dihati para pelanggan sehingga mereka tidak merasa segan untuk kembali makan ditempatmu.

7. Menjaga kebersihan lingkungan angkringan dan sekitar

Beberapa stigma negative tentang kuliner angkringan adalah karena tingkat kebersihan yang rendah. Untuk membuat bisnis angkringan berhasil, menjaga lingkungan angkringanmu dan sekitarnya tetap bersih dan wangi adalah hal yang perlu diperhatikan dengan serius.

Ciptakan citra dan kesan bahwa angkringanmu bersih dan wangi, serta higienis untuk standar tempat makan yang baik. Dengan kebersihan yang ditunjukkan oleh tempat makanmu, pelanggan akan merasa ‘aman’ untuk membeli makanan dan makan ditempat angkringanmu.

8. Lakukan pembukuan budget setiap selesai berdagang

Sehabis berdagang, pastikan dalam hari yang sama kamu melakukan pembukuan budget yang jelas. Pembukuan harian tersebut dapat berisi jumlah dana pengeluaran yang kamu keluarkan dihari itu (diluar pengeluaran tetap seperti sewa tempat/ruko, listrik, air, biaya gaji pegawai, dll) serta jumlah pendapatan yang kamu keluarkan dihari yang sama.

Pembukuan ini dapat dilakukan secara digital menggunakan Ms. Excel ataupun secara manual seperti menggunakan buku nota.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat kamu terapkan dan gunakan jika kamu tertarik membuat bisnis angkringan di usia muda. Janganlah takut untuk memulai sesuatu yang baru, sesuatu yang diluar zona nyamanmu karena sesuatu yang asing itu boleh jadi titik awal perubahan dalam hidupmu. Pastikan kamu berada dilingkungan positif yang dapat membuatmu terus meng-upgrade diri dan berani mencoba hal hal baru.

Karena salah satu kunci dalam berbisnis adalah membentuk relasi yang baik dan kuat untuk menopang perjalanan rintis jatuh dan bangun bisnismu. Semoga tips ini membantu!

Belvana Sarah Gunawan

Program Studi Teknik Sipil 2023 Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image