Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image raihan majid

Manfaat Tidur, Yakin Masih Mau Begadang?

Agama | Sunday, 08 Oct 2023, 06:52 WIB

Siapa disini yang suka begadang? Atau malah ga tidursama sekali sampai pagi? Padahal begadang atau ga tidur dapat mengganggu pola tidur yang mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti hipertensi, stroke bahkan hingga depresi. Oleh karena itu memiliki pola tidur yang baik menjadi penting untuk Kesehatan. Dalam pengertiannya, Tidur adalah kondisi dimana tubuh dan otak mengalami relaksasi. Selama tidur, tubuh mengalami beberapa karakteristik seperti, penurunan kesadaran, perelaksasi otot untuk melakukan regenerasi, dan pemulihan Kesehatan mental seperti mood, emosi, atau kondisi psikologis. Namun, apakah semua tidur memilikimanfaat itu? Jawabannya adalah tidak. Karena tidak semua tidur memiliki manfaat.

Tidur yang bermanfaat juga bisa dikatakan tidur yang berkualitas. Apa sih itu tidur berkualitas? Tidur berkualitas adalah tidur yang memenuhi beberapa kriteria. Beberapa kriteria tidur yang berkualitas diantaranya adalah sebagaiberikut :

1.Durasi tidur yang tercukupi

Durasi tidur untuk setiap individu itu berbeda-beda. Namun, rata-rata waktu tidur yang berkualitasmemiliki durasi 7-9 jam. Durasi tidur ini pentinguntuk proses pemulihan fisik dan mental. Tidak tercukupinya durasi tidur berpotensi untukmengakibatkan beberapa masalah Kesehatan dan tidak optimalnya pemulihan fisik dan mental.

2.Konsistensi

Tidur yang bermanfaat memiliki keteraturan dalamjadwal. Hal ini membantu tubuh mengatur jam biologisnya. Konsistensi dalam tidur juga membantu tubuh Bersiap kapan akan berelaksasi.

3.Tidur tanpa gangguan

Tidur yang berkualitas terjadi ketika tidur tidakterdapat gangguan seperti insomnia, gangguanpernapasan, dll. Tidur dengan gangguan mampu menurunkan kualitas tidur karena akan terbangun di tengah malam yang mengakibatkan terganggunya relaksasi atau pengistirahatan tubuh.

4.Pemulihan fisik dan mental

Tidur yang berkualitas juga memungkinkan pemulihan tubuh dan otak. Pemulihan ini termasuk kondisi otot yang terluka, perbaikan sel-sel, dan keseimbangan hormon.

5.Tidak ketergantungan dengan obat saat ingin tidur

Orang yang memiliki tidur berkualitas biasanya tidak memiliki ketergantungan dengan obat-obatanatau bahan lain untuk membantu dalam proses tidurnya.

Oleh karena itu muncul banyak penelitian mengetahui bagaimana pentingnya memiliki tidur yang berkualitas untuk menjaga kesehatan. Berikut beberapa cara untuk lmendapatkan tidur yang berkualitas.

1.menghadap kanan ketika tidur

Tidur menghadap ke kanan membuat jantung tidaktertekan oleh organ lain yang membuat denyut jantunglebih lambat dan tekanan darah turun sehinggasirkulasi darah mengalir lebih merata.

2.matikanlampusebelumtidur

Tidur dengan keadaan gelap dapat memberikan tidur dengan kualitas yang lebih baik. Dilansir dari National Sleep Foundation, studi terbaru dari Ohio State University mengungkapkan, tidur di ruangan yang terang lebih berisiko mengalami depresi dibandingkan tidur di ruangan yang gelap. selainitu, tidur di ruang yang gelap juga bermanfaat pada kesehatan kulit, terutama sekitar area mata.

3.menghindari makan saat hendak tidur

Makan sebelum tidur membuat sistem pencernaan bekerja sehingga mengganggu tidur. Makan sebelum tidur juga berpotensi menyebabkan obesitas, kolesterol, dan kadar gula darah.

4.Jadwalkan waktu tidur

Untuk mendapatkan konsistensi dalam tidur, diperlukan penjadwalan waktu tidur agar tubuhmampu menyesuaikan jam biologisnya.

5.Berolahraga secara teratur

Olahraga secara teratur bermanfaat untuk menyeimbangkan produksi hormon tidur, sepeti melatonin. Hormon ini membantu mengatur dan memberi sinyal kapan waktu tidur dan kapan waktu terjaga. Olahraga juga bermanfaat dalam meningkatkan kondisi jantung, peningkatan kondisi jantung membantu mengoptimalkan sirkulasi darah yang berakibat pada pelancaran pernapasan. Masih ada banyak lagi cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas selain beberapa cara diatas. Mengingat betapa pentingnya dan signifikannya dalam mendapat tidur yang berkualitas. Diharap akan banyak yang tersadar tentang pentingnya dan menerapkan cara mendapatkan tidur yang berkualitas agar mendapatkan kesehatan dan kesejahteraan yang optimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image