Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Seni Fitriani

Mahasiswa IPB Berhasil Olah Tulang Ayam Menjadi Lip Balm

Info Terkini | Wednesday, 04 Oct 2023, 00:54 WIB
Sumber: Instagram @the.colinstik

Mahasiswa IPB University berhasil ciptakan produk lip balm dengan mengolah hasil samping tulang ayam. Produk ini diberi nama COLINSTIK. Terciptanya produk COLINSTIK dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh iklim tropis di Indonesia. Iklim tropis Indonesia dengan kelembapan tinggi ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan kulit, salah satunya kulit bibir. Cuaca panas bisa membuat bibir kehilangan kelembapannya sehingga bisa menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah.

COLINSTIK merupakan produk pelembab bibir pertama di Indonesia yang memanfaatkan kolagen dari hasil samping tulang ayam dengan penambahan ekstrak kulit jeruk. Kolagen diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu sebagai anti-aging untuk menjaga struktur dan kesehatan kulit. COLINSTIK hadir dengan berbagai manfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit bibir yang kerap dialami masyarakat Indonesia. Manfaat COLINSTIK yaitu untuk melembabkan, mencerahkan, dan mencegah terjadinya penuaan pada kulit bibir sehingga kulit akan tampak lembab dan sehat.

Keunggulan dari produk ini yaitu penggunaan bahan baku kolagen lokal yang diekstrak sendiri sehingga dapat dijadikan sebagai upaya alternatif untuk mengurangi bahan baku impor. Selain memanfaatkan kolagen, produk ini juga memanfaatkan vitamin C yang diekstrak dari kulit jeruk sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas. COLINSTIK juga memiliki aroma jeruk yang banyak disukai konsumen karena memiliki sifat antidepresan dan mampu menenangkan otak.

Produk inovasi ini diciptakan oleh tim COLINSTIK PKM-K IPB University yang terdiri dari mahasiswa program studi Analisis Kimia, Teknik Manajemen Lingkungan, dan Manajemen Agribisnis. Tim ini diketuai oleh Neng Wiwi Whidiningsih selaku CEO dengan anggota tim lainnya yaitu Novia Miftakhul Qisthi selaku CFO, Renhard Al Rasyid selaku CTO, Seni Fitriani Safitri selaku CPO, dan Suci Meyditia Oktafitri selaku CMO. Seluruh anggota tim ini merupakan mahasiswa dari Fakultas Sekolah Vokasi IPB University dengan dosen pendamping Bapak Ir. Fahrizal Hazra, M.Sc.

COLINSTIK dengan judul proposal Inovasi Multi Balm Stick sebagai Pelembab Bibir dengan Kandungan Kolagen dari Hasil Samping Tulang Ayam ini berhasil lolos dan mendapatkan dana insentif dalam ajang kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) tahun 2023. Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) merupakan kegiatan yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Program ini mampu mewadahi para mahasiswa dalam mengeluarkan semua ide dan kreasinya tanpa batas dan hasil karya tersebut bisa dijadikan sebagai produk wirausaha. Dalam program ini, tim mahasiswa berlatih membuat kreativitas produk usaha yang dibutuhkan masyarakat di pasaran luas.

Saat ini COLINSTIK sudah dipasarkan dengan harga terjangkau seharga Rp25.000/5g kemasan. Produk ini dapat dibeli melalui berbagai platform marketplace di Indonesia seperti Shopee dan Tokopedia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk COLINSTIK dapat dilihat melalui akun official Instagram @the.colinstik. Ayo mulai rawat kesehatan bibirmu dengan COLINSTIK.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image