Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

NSDC 2023 Libatkan 36 Provinsi dan 1 Wilayah SILN

Edukasi | Tuesday, 03 Oct 2023, 14:41 WIB
Pembukaan National Schools Debating Championship (NSDC) 2023 di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Istimewa)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan lomba National Schools Debating Championship (NSDC) 2023 yang bekerja sama dengan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Kompetisi berlangsung pada Senin‒Sabtu, 2‒7 Oktober 2023 dengan mengusung tema “Speak of Your Mind, Speak for Indonesia”.

Keri Darwindo, S.Pd., M.A. selaku Koordinator Bidang Seni dan Budaya BPTI menyampaikan, “NSDC tahun 2023 merupakan salah satu program pemetaan asesmen dan ajang talenta peserta didik di bidang bahasa.”

Sebelumnya kurang lebih 2.700 peserta dari 36 provinsi di seluruh Indonesia dan 3 wilayah Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yaitu Arab Saudi, Malaysia, dan Singapura, telah melalui proses seleksi yang ketat. Kemudian terpilih 111 peserta yang terdiri atas 37 tim mewakili 36 provinsi dan 1 wilayah SILN.

Lebih lanjut Darwindo mengatakan, “Dengan mengangkat tema ‘Speak of Your Mind, Speak for Indonesia’, diharapkan para peserta dapat lebih meningkatkan bakat dan prestasinya di tingkat nasional serta dapat berinovasi membangun karakter generasi muda Indonesia dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, mengekspresikan argumen, dan mengedepankan pemberian solusi yang bertanggung jawab.”

Terakhir, Prof. Dr. Muchlas, M.T. selaku Rektor UAD secara resmi membuka kompetisi tersebut. Ia mengatakan, “Peserta yang meraih juara pada ajang ini akan mendapatkan beasiswa untuk kuliah di UAD setelah mereka lulus dari jenjang pendidikan yang sedang ditempuh.” (umh)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image