Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vieto Cell

Dari Pelatihan ke Profesional: AR Learning Center dan Program CT-ALC-nya

Eduaksi | Tuesday, 03 Oct 2023, 14:37 WIB
Sumber: Dok. Pribadi

Dunia memasuki era globalisasi dimana persaingan antar negara menjadi semakin ketat. Hal ini bisa dilihat dari perkembangan ekonomi dunia dimana kedigdayaan Amerika Serikat mulai digeser oleh negara-negara lain seperti Rusia, China, dan India. Menyikapi hal ini, Indonesia tidak boleh tinggal diam dan harus mempersiapkan diri. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah melatih masyarakat Indonesia agar menjadi tenaga kerja yang profesianal dan tidak kalah saing dari tenaga kerja asing.

AR learning center atau disingkat ALC adalah salah satu Lembaga yang concern terhadap kondisi global saat ini. Dalam menghadapi persaingan global tersebut ALC mengadakan pelatihan sertifikasi daring dengan judul "Certified Trainer of AR Learning Center (CT-ALC)", yang dilaksanakan pada tanggal 1-3 Oktober 2023. Pelatihan ini bertujuan untuk mencetak master trainer handal yang bisa bermanfaat bagi Masyarakat serta mencetak tenaga kerja professional yang handal.

AR Learning center sendiri adalah adalah pusat pembelajaran, pendidikan, dan pengkaderan yang berfokus pada pendidikan jurnalistik, pengembangan kreator konten, dan pelatihan public speaking. Dengan sistem kaderisasi yang unik dan berbeda, ALC berkomitmen untuk menyiapkan individu yang dapat mengkontribusi secara positif dalam masyarakat dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dengan siap secara mental. Sejak berdiri dari 17 Januari 2021, ALC telah sukses mengadakan berbagai pelatihan dan mencetak trainer handal dengan berbagai latar belakang profesi. ALC didirikan oleh Andri Hariyanto seorang master trainer serta jurnalis yang memiliki segudang pengalaman dalam dunia profesional. Pada pelatihan "Certified Trainer of AR Learning Center (CT-ALC)", Andri Hariyanto menjadi pemateri utama. Materi yang disampaik antara lain sebagai berikut :

1. Pelaksanaan Prinsip oleh Pelatih yang Ahli.

2. Kemahiran dalam Konsep Pelatihan oleh Pelatih yang Ahli.

3. Kemampuan dalam Teknik Penyampaian Materi oleh Pelatih yang Ahli.

Selain itu, Andri Hariyanto juga menekankan bahwa terdapat perbedaan antara seorang trainer, konselor, mentor dan praktisi. Seorang master trainer adalah guru pelatih berpengalaman yang telah dikenal keunggulannya dalam pelatihan dan pengajaran. Kebanyakan bekerja penuh waktu dalam sistem pendidikan yang mereka jalani.

Andri Hariyanto selaku pemateri "Certified Trainer of AR Learning Center (CT-ALC) berharap peserta dapat mengambil manfaat maksimal dari pelatihan yang inovatif dan edukatif ini, serta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image