Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Penampakan Terakhir 2023 Super Harvest Moon nan Kinclong

Info Terkini | Thursday, 28 Sep 2023, 21:49 WIB
Ilustrasi Super Harvest Moon (SSDarindo)

Sebagai cara untuk mengakhiri hari-hari yang terik dan mengucapkan selamat tinggal, supermoon terakhir 2023, Super Harvest Moon hadir. Ia akan menyinari langit malam dengan cahaya yang demikian kinclong.

Kapan Super Harvest Moon terakhir 2023 akan muncul? Seberapa besar cahayanya? Adakah hal keren lainnya yang terjadi di langit malam kita?

Menurut Almanak Petani Lama, alasan Bulan Purnama ini disebut Bulan Panen adalah karena ia bersinar terang di malam hari pada saat para petani memanen hasil panen musim panas. Waktunya bervariasi antara bulan September dan Oktober, tergantung pada kedekatannya dengan titik balik musim gugur.

"Tergantung pada tahunnya, Harvest Moon penuh dapat terjadi di mana saja mulai dari dua minggu sebelum ekuinoks musim gugur hingga dua minggu setelahnya," EarthSky menjelaskan kepada Space.

Jadi, bisa terjadi pada bulan September atau Oktober. Nah, saat Harvest Moon jatuh pada bulan Oktober, Bulan Purnama bulan September disebut sebagai Bulan Jagung.

Satu hal lagi, yang membuat Bulan Purnama ini lebih istimewa lagi, Bulan Purnama ini dianggap sebagai Bulan Panen "Super" karena akan tampak lebih besar di langit kita.

"Supermoon terlihat lebih besar hanya karena jaraknya yang lebih dekat ke Bumi," kata NASA. Padahal, Supermoon sebenarnya hanyalah jenama untuk apa yang disebut astronom sebagai bulan purnama perigean - bulan yang purnama dan berada di titik terdekat dalam orbitnya mengelilingi Bumi."

Super Harvest Moon tahun ini adalah yang terakhir dari empat supermoon berturut-turut untuk tahun 2023. Supermoon yang satu ini akan sangat spektakuler. Menurut NASA, Supermoon ini akan tampak sekitar 5% lebih besar dan 13% lebih terang dari rata-rata Bulan Purnama tahun ini.

Tahun 2023 ini, ekuinoks pada negara yang mengalami musim gugur jatuh pada tanggal 23 September, dan Bulan Purnama datang kurang dari seminggu kemudian, EarthSky menjelaskan. Super Harvest Moon akan terjadi dalam semalam pada tanggal 28-29 September.

The Old Farmer's Almanac menjelaskan bahwa bulan akan mencapai "puncak iluminasi pada pukul 5:58 pagi Waktu Timur pada hari Jumat tanggal 29, melayang di bawah cakrawala tak lama kemudian."

Anda bisa melihat supermoon yang indah di langit malam tanpa harus terhindar dari polusi cahaya atau peralatan yang mewah. Cukup lihat ke atas dan saksikanlah supermoon yang cantik dan bersinar cemerlang.

Pastikan untuk memeriksa kembali waktu terbaik untuk melihat Super Harvest Moon berdasarkan lokasi Anda menggunakan Kalkulator Bulan Terbit dan Bulan Terbenam karena supermoon berikutnya akan terjadi setahun dari sekarang, yaitu pada tanggal 18 September 2024.

Namun, hanya karena bulan super telah berakhir untuk tahun ini, bukan berarti keseruannya juga harus berakhir. Jangan lupa untuk menandai kalender Anda untuk gerhana matahari "cincin api" tahunan 2023 mendatang, yang akan terjadi pada hari Sabtu, 14 Oktober.

Mengapa disebut cincin api atau ring of fire? Disebut demikian, karena penampakannya di langit - benar-benar gelap di bagian tengah, dengan cincin api kuning di bagian luarnya. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image