Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tri Arsanda Betrisiya

Minum Air Putih setiap Bangun Pagi dan Rasakan 4 Manfaat Untuk Meminimalisir Risiko Penyakit

Eduaksi | Thursday, 28 Sep 2023, 20:39 WIB

Tidak sedikit orang Indonesia terutama para remaja sering mengalami dehidrasi, dehidrasi bisa di sebabkan oleh banyak faktor , antara lain orang yang langsung melakukan aktivitas setelah bangun pagi, dari aktivitas yang di lakukan hal ini bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan berupa keringat yang banyak dan kerja sistem metabolisme tubuh kurang lancar, sehingga mengalami dehidrasi yang berlebihan dibandingkan dengan orang yang minum air putih di pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Risiko penyakit bisa muncul dari hal-hal kecil yang sering diabaikan, membiasakan minum air putih saat bangun pagi bisa menjadi salah satu langkah awal untuk meminimalkan terjadinya risiko penyakit dalam tubuh. Minum air putih setiap bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bisa membantu mengembalikan cairan yang hilang dan meningkatkan kadar energi kita, tidak hanya itu, minum air putih di pagi hari juga membantu memperbaiki fungsi pencernaan. Air membantu melancarkan proses pencernaan dan mengurangi sembelit. Terlebih lagi, minum air putih di pagi hari membantu membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya yang mungkin tertimbun di dalam sistem pencernaan kita selama tidur.

Selain untuk pencernaan, minum air putih di pagi hari juga dapat membantu memelihara kesehatan kulit. Air membantu menjaga kelembapan kulit dan memperbaiki elastisitasnya. Ini membuat kulit terlihat lebih segar dan sehat. Minum air putih di pagi hari menjadi kebiasaan yang patut dipraktikkan. Selain itu, minum air putih harus tetap menjadi kebiasaan sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut 4 manfaat yang dapat di rasakan :

1. Membantu Menghidrasi Tubuh: Saat kita tidur, tubuh kita kehilangan cairan melalui pernapasan dan keringat. Dengan meminum air putih saat bangun tidur, kita dapat menghidrasi tubuh lagi setelah sekitar 6-8 jam tidak minum.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal: Ketika kita minum air putih, ginjal membantu mengekstrak air dan limbah dari tubuh. Meminum air putih saat bangun tidur dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah terjadinya masalah kesehatan ginjal.

3. Membantu Mengurangi Kelebihan Berat Badan: Meminum air putih saat bangun tidur dapat membantu mengurangi rasa lapar pada pagi hari, sehingga kita akan makan lebih sedikit dan lebih sehat sehingga dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak: Kebutuhan air putih yang cukup sangat penting untuk fungsi otak dan untuk menjaga fokus dan konsentrasi.

Meskipun demikian, kita sebaiknya tidak minum air putih yang terlalu banyak sekaligus. Sebaiknya diminum perlahan-lahan dalam jangka waktu tertentu

Tri Arsanda Betrisiya - Fakultas keperawatan - Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image