Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Perkembangan Kemampuan Afektif pada Anak Usia Dini di TK ABA 37 Lowokwaru, Malang

Edukasi | Sunday, 24 Sep 2023, 13:29 WIB
Foto Bersama Kelompok 7 Gelombang 4 dengan para Guru TK ABA 37 Lowokwaru, Malang

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM merupakan kegiatan pendampingan atau pelayanan mahasiswa untuk pengembangan dan pemberdayaan Masyarakat dalam menerapkan sebuah perubahan sosial ke arah yang lebih baik.

Kami adalah kelompok 7 dari gelombang 4 PMM UMM yang beranggotakan Aswan, Fathimah Haura Arrasy, Nur Aini Latifa, Anelzha Putri Azhari dan Abdullah Ashim sebagai koordinator kelompok. Kelompok 7 gelombang 4 berada dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Ratri Novita Erdianti, SH., M.H.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok yaitu pada hari Kamis (24/08/2023) yaitu Kegiatan Training Para Guru dan kegiatan pada hari Selasa (29/08/2023) juga melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Kepada Orang Tua Murid. Lokasi dari kedua kegiatan ini sendiri berada di TK ABA 37, Lowokwaru Malang.

Kegiatan tersebut perlu dilaksanakan agar orang tua dan guru dapat memahami bagaimana cara menghadapi setiap anak yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Mulai dari mengontrol emosi anak, kesukaan anak, dsb. Pengangkatan tema kelompok 7 ini pun didasari oleh teori yang dibawakan oleh bloom dan krathwol dalam taksonominya, bahwa kognitif dan psikomotorik anak akan berjalan dengan efektif apabila karakter atau domain afektif pada anak di usia dini terpenuhi.

Dalam kegiatan Training Para Guru di TK ABA 37 tersebut, terdapat pemateri yang Bernama Muhammad fauzan hiwari Beliau sendiri merupakan Ketua Umum dari PIKKR UMM. Dalam kegiatan Training ini dijelaskan bahwa pendidikan melihat dari beberapa negara, diantaranya Amerika, Jerman dan Indonesia.

Jika di lihat dan di bandingkan pendidikan di Indonesia termasuk bagus. Tetapi, kenapa Indonesia tidak masuk dalam peringkat 10 besar di dunia? Karena di Indonesia kurangnya rasa komunikasi antar guru dan orangtua murid. Selain itu juga Indonesia memiliki keterbatasan geografis, ketidak sesuaian kurikulum yang ada dengan tuntutan kebutuhan kekinian dan masih banyak lagi yang membuat Indonesia menjadi negara yg tidak maju.

Selain itu melalui sosialisasi yang telah kami laksanakan kepada orang tua murid TK ABA 37 juga memberikan beberapa tips untuk menghadapi anak usia dini dalam mengatasi sikap dan sifat anak yang berada di dalam tahap pengembangannya. Kegiatan sosialisasi ini dibawakan oleh koordinator kami yaitu Abdullah Ashim.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image