Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rima Dwi Sakti

Regulasi Emosi terhadap Stress

Edukasi | Tuesday, 19 Sep 2023, 20:08 WIB

Stress dapat didefinisikan sebagai keadaan khawatir atau ketegangan mental yang disebabkan oleh situasi yang sulit. Stres adalah respons alami manusia yang mendorong kita untuk mengatasi tantangan dan ancaman dalam hidup kita. Setiap orang mengalami stres sampai tingkat tertentu. Namun, cara kita merespons stres, membuat perbedaan besar pada kesehatan kita secara keseluruhan (WHO, 2023). Sederhananya stress merupakan kondisi pikiran yang berantakan dikarenakan banyak hal yang dicerna oleh otak ataupun kelelahan karena banyak pekerjaan yang harus di selesaikan.

Orang yang mengalami stress biasanya emosinya tidak terkendali, seperti mudah marah, sulit untuk berkonsentrasi, sakit kepala, sulit tidur, kehilangan nafsu makan ataupun makan lebih banyak dari biasanya, bahkan hingga mengalami depresi. Stress banyak menyerang orang-orang yang sedang mengalami situasi menantang seperti, wawancara kerja, ujian sekolah, beban kerja, konflik dengan keluarga, teman, mendapatkan banyak tugas dengan deadline yang terlalu mepet, dan sebagainya.

Untuk seorang mahasiswa mungkin sudah sangat kenal dengan kata stress dan karena dengan tugas-tugas yang menumpuk dan deadline yang sangat berdekatan satu dengan yang lainnya, sehingga sangat dibutuhkannya manajemen terhadap stress tersebut.

1. Membuat jadwal rutin setiap hari, untuk membantu menggunakan waktu secara efisien.

2. Saat dosen/guru memberikan tugas, catatlah tugas beserta deadline yang diberikan di notes handphone atau di buku kecil yang khusus untuk mencatat tugas-tugas. Karena jika digabungkan dengan buku yang biasanya kita pakai saat pembelajaran akan mudah untuk hilang, terselip atau lupa.

3. Buatlah skala prioritas dari tugas yang paling mendekati deadline. Kemudian kerjakan sesuai skala prioritas yang telah dibuat.

4. Berilah tanda ceklis (√) untuk menandai tugas yang telah diselesaikan. Sehingga bisa membedakan mana tugas yang telah dikerjakan dan belum dikerjakan.

5. Istirahat yang cukup

6. Makan yang sehat

7. Berolahraga secara teratur

8. Biasakan membaca.

Kita dapat mengendalikan stress ataupun tidak tergantung bagaimana kita mengendalikan diri kita sendiri. Jika bukan kita, siapa lagi?.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image