Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Fadhil Raihan

BRI Life dan Oorange Unpad Mendirikan Rumah Kemasan Untuk Mengembangkan UMKM di Garut

Bisnis | Tuesday, 19 Sep 2023, 10:58 WIB
BRI Institute bersama Oorange Unpad melakukan pendampingan pada UMKM di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

BRI Institute bersama Pusat Inkubator Bisnis Oorange Unpad melakukan pendampingan pada 30 UMKM yang ada di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk mengembangkan pengelolaan dan pemasaran UMKM yang ada di Kecamatan Bungbulang.

Selain melakukan pendampingan, BRI Institute dan Oorange Unpad juga mendirikan sentra pemasaran yang bernama rumah kemasan. Rumah kemasan tersebut menjadi wadah bagi 30 UMKM di Kecamatan Bungbulang untuk memasarkan produknya dan juga menjadi tempat untuk pembuatan kemasan yang memadai.

Rumah kemasan tersebut didirikan di Toko Abdi Jaya yang menjual berbagai macam jenis keripik. Pemilik Toko Abdi Jaya, Elih menerangkan bahwa proses pendampingan dan kehadiran rumah kemasan turut membantu pengembangan bisnisnya.

“Pendampingan kemarin banyak membantu usaha saya, omzet juga lumayan meningkat. Saya juga mendapatkan berbagai bantuan peralatan untuk proses produksi. Di rumah kemasan juga saya menjadi reseller dari beberapa produk UMKM lain,” ucap Elih saat diwawancara pada Selasa (19/9/2023).

Staf Ahli Oorange Unpad, In-In Hanidah menyebutkan bahwa pembuatan rumah kemasan bertujuan untuk menciptakan mini inkubator Oorange Unpad yang terletak di Garut. Rumah kemasan tersebut juga dibuat sebagai solusi pada UMKM yang belum memiliki kemasan yang memadai pada produknya.

“Rumah kemasan ini konsepnya sama seperti berbagai sentra pemasaran lain yang sudah kami buat di berbagai wilayah Indonesia. Sentra pemasaran ini dapat meningkatkan omzet pelaku UMKM sebesar 40%,” kata In-In saat diwawancara pada Selasa (19/9/2023).

In-In juga menerangkan bahwa proses pendampingan pada 30 UMKM di Garut dilakukan selama tiga bulan. Dalam kurun waktu tersebut, BRI Institute dan Oorange Unpad memberikan pendampingan mengenai pengembangan produk, analisis kompetitor dan pasar, penentuan harga jual, kemitraan, dan juga pengembangan e-commerce.

Selain itu, BRI Institute dan Oorange Unpad juga memfasilitasi sertifikasi halal pada produk yang dibuat oleh UMKM di Garut. In-In juga menerangkan bahwa pada akhir proses pendampingan, BRI Life memberikan asuransi pada 50 UMKM yang tergabung dalam kelompok rumah kemasan.

“Pendampingan yang kami lakukan itu bertujuan untuk memberi contoh kepada para pelaku UMKM bahwa memiliki rumah atau tempat usaha yang tidak strategis itu tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi pendampingan dari kami itu bukan untuk mencari solusi bagaimana memanfaatkan dana bantuan, tapi mendampingi agar mereka dapat mengoptimalkan segala keterbatasan yang dimiliki,” tutup In-In.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image