Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Eduaksi | Thursday, 14 Sep 2023, 16:27 WIB

Saat ibunda Maryam menjauhi fitnah dan bersandar pada sebuah pohon kurma, melalui malaikat Jibril, Allah SWT memerintah Maryam untuk menggoyangkan pohon tersebut sehingga dia dapat makan, minum, serta bersenang hati dengan kurma-kurma yang terjatuh.

sumber: freepik.com/azerbaijan_stockers

Kisah dalam Al-Quran ini memberikan banyak hikmah bagi ibu hamil. Ternyata, kurma dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bagi Perempuan hamil dan menggantikan tenaga tenaga mereka saat melahirkan. Bahkan, kurma dapat meningkatkan kualitas ASI saat menyusui. (Eny Sandra, dkk, Jurnal Ilmu Kesehatan Vol.5 No. 1 November 2016)

Buah kurma, yang merupakan buah yang tumbuh dari pohon kurma (Phoenix dactylifera), telah dikenal sebagai makanan yang sangat bergizi dan penuh manfaat bagi kesehatan manusia. Selama kehamilan, konsumsi kurma dapat memberikan berbagai manfaat penting bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Ragam manfaat kurma bagi Ibu hamil, yaitu:

1. Sumber Energi

Kurma adalah sumber energi yang sangat baik karena mengandung karbohidrat, gula alami, dan serat. Selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan asupan energi yang lebih tinggi untuk mendukung pertumbuhan janin dan perubahan fisik dalam tubuh mereka. Konsumsi kurma dapat memberikan dorongan energi yang sehat.

2. Kaya Nutrisi

Kaya akan Nutrisi Penting

Kurma mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya adalah:

· Vitamin B6: Membantu dalam pembentukan sel darah merah, fungsi sistem saraf, dan metabolisme karbohidrat.

· Asam Folat: Penting untuk perkembangan sel-sel janin dan mencegah cacat tabung saraf.

· Zat Besi: Diperlukan untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tambahan selama kehamilan.

· Kalium: Penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

· Serat: Mendukung pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit yang sering terjadi selama kehamilan.

3. Mengatasi Morning Sickness

Kurma dapat membantu mengurangi gejala mual dan muntah yang umum terjadi pada awal kehamilan. Kandungan gula alaminya dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, yang dapat membantu meredakan gejala mual.

4. Pemenuhan Kebutuhan Kalori

Selama trimester ketiga kehamilan, kebutuhan kalori ibu hamil meningkat secara signifikan. Kurma adalah camilan yang sehat dan bergizi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tambahan kalori pada periode ini.

Namun, penting untuk mengonsumsi kurma secara seimbang dan tidak berlebihan selama kehamilan. Karena buah ini mengandung gula alami yang cukup tinggi, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah atau menambahkan pola makan selama kehamilan.

Dalam Islam, ibu hamil masuk kategori yang diperbolehkan tidak berpuasa di bulan Ramadan jika ia takut dan khawatir terhadap kesehatan dirinya ataupun janin yang dikandungnya. Untuk mengganti puasanya, bisa dilakukan dengan bayar puasa di hari lain atau membayarnya dengan fidyah. Terkait hal ini, UCare Indonesia siap membantu kaum ibu-ibu muslimah yang berniat ingin menunaikan fidyah. InsyaAllah, fidyah yang ditunaikan akan disalurkan kepada mereka yang berhak menerimanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image