Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rahmat Abdul Azis

Meningkatkan Strategi Digital Marketing dengan Mengikuti SEO Trends 2023

Teknologi | Thursday, 14 Sep 2023, 11:50 WIB

Meningkatkan Strategi Digital Marketing dengan Mengikuti SEO Trends 2023

Perlu diingat, bahwa mesin pencari selalu mengalami perubahan algortima dan teknik, terutama saat memasuki tahun 2023. Untuk itu, penting bagi pelaku bisnis dan webmaster untuk mengikuti dan memahami tren SEO tahun tersebut dan memperkuat strategi digital marketing.

Sehubungan dengan hal tersebut, artikel ini akan membahas tujuh trends SEO 2023 terpenting yang dapat meningkatkan strategi digital marketing Anda, yaitu:

Google akan Mengurangi Frekuensi Crawling dan Indexing

Salah satu tren SEO 2023 adalah mengurangi frekuensi crawling dan indexing oleh Google. Crawling dan indexing dilakukan mesin pencari untuk menemukan dan menambahkan suatu website ke database mereka. Sayangnya, aktivitas komputasi ini dapat menambah emisi gas rumah kaca dan memperburuk lingkungan. Google berusaha mengurangi jejak karbon dengan menetapkan kebijakan netral karbon melalui pengurangan frekuensi indexing dan crawling terhadap suatu website.

Google Voice Search

Tren kedua adalah meningkatkan optimasi Google Voice Search. Mengoptimalkan pencarian suara akan membantu meningkatkan peringkat website dan tingkat konversi karena memberikan user experience yang lebih baik, terutama di era mobile-frienldy dan hands-free device. Statistik menunjukkan bahwa sekitar 41% pengguna internet memanfaatkan pencarian suara setiap harinya, sehingga penting bagi pelaku bisnis dan webmaster untuk memanfaatkan long-tail keyword dan memperhatikan user flow melalui Google Voice Search.

Core Web Vitals

Core Web Vitals adalah tren SEO abadi dan menjadi tren utama untuk strategi digital marketing di 2023. Seperti yang diketahui, Google mendorong webmaster untuk memberikan page experience yang lebih baik pada pengguna melalui Core Web Vitals. Core Web Vitals adalah sekumpulan metrik page experience utama yang memberikan data tentang user experience pada masing-masing halaman web. Tiga metrik utama yang termasuk dalam Core Web Vitals, yaitu Cumulative Layout Shift (CLS), Largest Contentful Paint (LCP), dan First Input Delay (FID). Namun, Core Web Vitals bukan satu-satunya faktor yang menentukan peringkat halaman di SERP. Konten dan backlink berkualitas juga meningkatkan peringkat dan visibilitas website di SERP.

Mobile SEO

Penetrasi mobile device pada website semakin meningkat seiring meningkatnya pengguna internet. Oleh karena itu, penting bagi pelaku bisnis dan webmaster membangun website mobile-responsive dan user friendly. Google mencatat bahwa sekitar 60% pengguna internet mengakses mesin pencari melalui mobile device. Oleh karenanya, pelaku bisnis dan webmaster perlu memastikan website mereka dapat diakses dengan baik di perangkat seluler serta mempertimbangkan user experience yang maksimal.

AI Content

Meningkatkan kualitas konten yang baik dan asli menjadi faktor penting bagi peringkat dan visibilitas website di SERP. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan AI content sebagai tools untuk menghasilkan konten berkualitas. Penggunaan tools AI dapat meringankan pekerjaan penulis, terutama untuk konten yang ringan dan spesifik. Namun, sebaiknya penulis tetap diperlukan untuk menghasilkan konten yang lebih spesifik dan unik dari sudut pandang manusia.

E-E-A-T

Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness atau E-E-A-T adalah faktor SEO yang mendominasi tren SEO 2023 dan akan terus relevan di masa depan. Google secara konsisten mengevaluasi E-E-A-T sebagai kriteria utama untuk menentukan peringkat dan kualitas konten website. E-E-A-T mengindikasikan apakah suatu website memiliki konten berkualitas tinggi dan dapat memberi informasi yang baik bagi para penggunanya. Beberapa faktor yang penting untuk membangun E-E-A-T pada website, yaitu keahlian menulis, backlink dari sumber yang kredibel, relevansi suatu niche dengan website, dan lain-lain.

Structured Data

Structured data adalah informasi tentang halaman web yang telah diberi tag menggunakan kode yang dapat dibaca mesin yang disebut JSON-LD. Structured data memudahkan mesin pencari memahami isi setiap halaman website dan mempelajari bagaimana keterkaitannya satu sama lain. Oleh karenanya, penting bagi webmaster untuk mengimplementasikan structured data pada website dengan menambahkan kode program. Dampak positif dari implementasi structured data adalah membuat pengguna lebih mudah dalam menemukan bisnis Anda, bukan perusahaan lain yang mungkin menawarkan layanan atau produk yang serupa dengan milik Anda.

Dengan mengikuti tren SEO 2023 di atas, pelaku bisnis dan webmaster dapat meningkatkan strategi digital marketing mereka dan mempertahankan posisi teratas di SERP. Sebaiknya mempercayakan jasa SEO untuk membantu Anda dalam memimplementasikan tren SEO 2023 diatas dengan strategi dan pengamatan yang lebih detail dan terukur.

Jangan ngotot dengan strategi digital marketing yang lama dan tidak efektif, karena tren dan teknologi selalu berkembang dan peluang bisnis selalu terbuka lebar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image