Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Generasi Emas Timnas, Pintu Piala Dunia Terbuka

Olahraga | Monday, 11 Sep 2023, 08:32 WIB
Starting Eleven Timnas Indonesia vs China Taipei di Kualifikasi Piala Asia U-23, Indonesia Gilas 9-0 (Foto: Unduhan laman Goal)

RETIZEN - Satu pemerhati sepakbola nasional Coach Justin menyebut Timnas Indonesia bisa lolos Piala Dunia. Hal itu dikatakannya saat menjadi narasumber di salah satu podcast dan diunggah melalui kanal @statusbola, 10/09/2023.

Pembawa acara memberikan pertanyaan kepadanya tentang nilai yang pantas untuk pelatih Timnas Indonesia U-23 saat ini, Shin Tae Yong yang mampu menang telak 9-0 tanpa balas atas China Taipei pada kualifikasi piala Asia U-23.

"Nilai untuk Shin Tae Yong. Dia jalannya udah bener, arahnya udah bener, tinggal petik hasilnya, hasilnya pun harus bener" jawab Justin.

Melangkah ke pertanyaan kedua pada unggahan kanal tersebut, Justin diberikan pertanyaan terkait kesempatan Timnas Indonesia berlaga di putaran final piala dunia kemudian hari. Justin menjelaskan, 10 hingga 20 tahun kedepan bisa saja terjadi dengan beberapa faktor penunjang.

"10-20 tahun kedepan. ada beberapa faktor, faktor Lucky misalnya. Ikut piala dunia kan ada faktor luck nya, drawing, kalo ikut piala asia drawingnya bagus, lolos" jelasnya.

Menariknya kala Justin ditanya mengenai pendapat tentang naturalisasi dan grass root atau sering dikenal dengan istilah local pride. Ia memberikan gambaran bahwa saat ini, Timnas masih membutuhkan pemain naturalisasi meskipun idealnya full lokal.


Sementara itu, pada tanggal 9/09/2023 Ketua Umum PSSI Erick Thohir menanggapi hasil akhir pertandingan Timnas Indonesia yang menang 9-0 dari China Taipei. Erik mengatakan bahwa hasil istri bisa dikatakan bentuk hadiah untuk Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang yang juga jatuh di tanggal 9 September.


"Bentuk hadiah untuk Haornas yang lahir di Solo. Angka kemenangan juga pas 9 (September)"katanya saat ditemui awak media usai pertandingan.


Mantan Menteri BUMN ini berharap agar Garuda Muda tetap fokus ke masa depan kita. Bukan hal mustahil jika berhasil kembali mengalahkan Turkmenistan pada tanggal 12/09/2023, tentunya ada peluang untuk loloss babak kualifikasi olimpiade.


"Untuk para pemain, anda mau ga main di olimpiade, tapi kembali jangan sampe kemenangan 9-0 ini terlena sehingga tanggal 12 nanti jadi berkurang" tambahnya.


Oleh karena itu, Erick berpesan agar para pemain tetap fokus dan bermain baik. Ia juga tak ragu menyebut bahwa Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae Yong ini sebagai generasi emas Timnas Indonesia.

"Ayo fokus, klo nanti hasilnya baik, nanti ke Qatar, ya fokus lagi. Saya bilang mereka generasi emas timnas kita" sebutnya.


Patut kita akui, penampilan Timnas Indonesia U-23 saat melawan China Taipei mampu mempertontonkan level permainan ciamik. Bahkan Erik sendiri menilai gaya main Timnas khususnya di babak pertama merupakan standar main yang belum pernah ia lihat selama ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image