Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jayadi Umsohi

Tentang Tabungan Sunnah Qurban

Agama | Sunday, 10 Sep 2023, 16:32 WIB

Qurban merupakan salah satu ibadah sunnah muakkad yang disyariatkan kepada Umat Islam setahun sekali pada hari raya Idul Adha. Dalam qurban, ada banyak pelajaran yang dapat diambil. Tentang ketaatan, keberanian, kepasrahan, juga tentu pengorbanan. Semua pelajaran ini berujung pada nilai takwa kepada Allah swt sebagaimana yang tertulis dalam firmanNya :

"Sesungguhnya Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah." (QS. Al-Kautsar 1-2)

“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu, memang tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepadanya adalah ketakwaanmu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Hajj:34)

Berkurban merupakan salah satu amalan yang paling disenangi Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadist, bahwa ridha Allah telah turun untuk umatnya yang berkurban, bahkan sebelum tetesan darah hewan yang disembelih jatuh ke bumi.

Selain itu hadist lain menyebutkan bahwa umat muslim akan mendapatkan kebaikan sebanyak bulu hewan yang dijadikan kurban dan diampuni dosanya.

Untuk yang terkait dengan hal tersebut, maka Pengurus dan DKM musholla Al Mukhtariyah, secara resmi telah mengeluarkan program tentang Tabungan Sunnah Qurban terhitung mulai awal September 2023.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari Bapak Hanafi H.Afdi yang merupakan salah seorang pengurus, beliau menjelaskan, bahwa :

"Sesuai dengan namanya, tabungan sunnah qurban adalah produk simpanan atau tabungan yang berfungsi untuk membantu jamaah dan masyarakat sekitar mewujudkan keinginan beribadah qurban saat Idul Adha," ujarnya.

"Secara teknis pelaksanaan Pengurus Musholla hanya membantu dan memfasilitasi berupa layanan administrasi secara free tanpa potongan apapun," sambungnya.

"Kemudian secara internal Jamaah, kami tidak menargetkan nilai rupiah untuk waktu tertentu yang harus terpenuhi. Karena kami memahami kemampuan masing-masing pasti berbeda. Yang pasti partisipasi dan keikut-sertaannya sudah merupakan niat baik dari jamaah sekalian," lanjutnya.

Setiap penabung akan mendapatkan buku tabungan sebagai bukti catatan sekaligus kelengkapan administrasinya. Nanti ketika sudah mencukupi seharga seekor kambing atau domba, jamaah dan masyarakat bisa mengambilnya untuk dibelikan hewan kurbannya," katanya mengakhiri pembicaraan.

Berdasarkan keterangan tersebut, Tentunya banyak manfaat yang akan calon pengqurban dapatkan dengan memiliki tabungan kurban di antaranya:

Membantu memudahkan niat ibadah kurban masyarakat dengan menyediakan tabungan kurban. Sehingga kurban dapat direncanakan secara matang dan terencana.

Lalu melatih sikap komitmen dan disiplin yang dimiliki masyarakat agar semangat dalam merealisasikan niat ibadah kurban.

Kemudian juga ikut menyemarakkan hari Raya Idul Adha dengan menjalankan syariat Nabi. Dengan begitu sekaligus dapat membantu masyarakat dhuafa agar bisa merasakan nikmatnya menyantap daging kurban.

Selain itu Ibadah kurban tentu akan terasa lebih ringan karena tidak harus membayar sekaligus di muka, sebab tabungan kurban bisa dicicil berdasarkan harian, mingguan hingga bulanan.

Wallahu a'lam.

Penulis / JU

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image