Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Pelatihan Basic Life Support

Eduaksi | Saturday, 09 Sep 2023, 10:49 WIB
Pelatihan Basic Life Support di Al Hikmah Boarding School Batu

Musibah bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sebab tidak ada manusia yang tahu terjadinya suatu musibah karena menjadi kehendak Sang Kuasa. Adakalanya musibah datang tidak terduga, untuk itulah manusia harus siap dan kuat menghadapi setiap cobaan dalam hidupnya.

Oleh karena itu Al Hikmah Boarding School Batu bekerjasama dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia), Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya mengadakan Pelatihan Basic Life Support guna mengantisipasi dan menyiapkan jika terjadi musibah yang datang secara tidak terduga.

Basic life support atau bantuan hidup dasar adalah serangkaian pertolongan pertama dimana dilakukan untuk membantu siapapun yang sedang mengalami kondisi henti napas dan henti jantung. Bantuan ini sendiri tidak hanya dilakukan oleh petugas medis tetapi dapat dilakukan oleh setiap warga umum.

Karena perannya yang penting itulah maka setiap orang hendaknya harus mempelajari dengan baik bagaimanakah langkah-langkah dalam melakukannya. Sekedar informasi, penyebab seseorang mengalami henti napas dan henti jantung sendiri cukup beragam. Mulai dari karena kecelakaan, serangan jantung, tersedak, stroke, tenggelam hingga sumbatan jalan napas. Apabila seseorang yang mengalami henti napas dan jantung tidak segera mendapatkan penanganan maka otak dan jantung akan mengalami kerusakan bahkan kehilangan fungsinya hanya dalam 6 menit saja.

Pelatihan ini berisi tentang bagaimana cara yang kita lakukan jika terjadi musibah yang datang secara tidak terduga. Mulai dari menganalisa keadaan sekitar, menganalisa kondisi korban, menghubungi bantuan hingga penanganan awal kepada korban.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, warga Al Hikmah Boarding School Batu bisa siap dan mengatasi masalah jika terjadi musibah yang datang secara tidak terduga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image