Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Media Cirebon

Bagaimana Tips Memilih Jurusan Kuliah? Berikut Penjelasannya

Bisnis | Friday, 08 Sep 2023, 01:15 WIB

Apakah kamu salah satu siswa SMA yang akan segera lulus namun masih bingung memilih jurusan kuliah? Jika iya, jangan khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas tips memilih Jurusan Kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu!

Di berbagai universitas, ada banyak jurusan yang bisa kamu pilih. Namun tidak jarang calon mahasiswa bingung mana yang sesuai dengan kemampuan dan passionnya. Padahal, memilih jurusan kuliah yang tepat merupakan salah satu langkah penting lho. Sebab jurusan kuliah yang Anda pilih bisa jadi berkaitan dengan pilihan karir yang akan Anda tekuni setelah lulus.

Selain itu, memilih jurusan perguruan tinggi jauh-jauh hari juga akan sangat membantu Anda dalam memilih universitas yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk mengikuti seleksi sesuai kategori jurusan yang Anda pilih saat proses seleksi masuk universitas.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Kenali Diri Sendiri

Coba ingat-ingat bidang apa yang kamu minati. Misalnya, kalau kamu bersekolah, mata pelajaran apa yang biasanya kamu dapat nilai tertinggi? Pernahkah Anda mengikuti kompetisi tertentu dan meraih prestasi di bidang tersebut? Jika iya, mungkin Anda bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan bidang tersebut. Misalnya, di sekolah Anda mendapat nilai tinggi dalam mata pelajaran yang berhubungan dengan bahasa.

Jadi sastra atau jurnalisme bisa Anda jadikan pilihan ketika ingin masuk universitas. Contoh lainnya, Anda memenangkan beberapa lomba menggambar saat masih di sekolah. Anda mungkin memilih untuk mengambil jurusan desain komunikasi visual dan seni rupa.

Dengan mengenali kemampuan dan minat diri, Anda akan lebih mudah dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai. Jika jurusan kuliah Anda sesuai dengan minat Anda, maka kuliah di universitas juga akan terasa lebih mudah untuk Anda ikuti.

Cari Tahu Sisi Positif Dan Negatif Dari Jurusan Yang Anda Minati

Tips memilih jurusan kuliah yang kedua adalah mencari tahu sisi positif dan negatif dari jurusan yang ingin dimasuki. Misalnya saja kamu tertarik mengambil jurusan Kimia, maka carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang apa saja yang akan kamu hadapi jika kuliah di jurusan tersebut.

Dengan mengetahui sisi positif dan negatif dari jurusan yang Anda incar, Anda bisa mempertimbangkannya sesuai dengan kemampuan Anda sendiri. Selain itu, cara ini akan memudahkan Anda dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti perkuliahan di jurusan impian Anda jika sudah lolos seleksi masuk universitas nantinya.

Tak hanya itu, dengan mencari tahu berbagai hal mengenai jurusan yang kamu inginkan, niatmu untuk memilih jurusan tersebut juga bisa semakin kuat lho. Jadi, nantinya kamu tidak akan sembarangan dalam memilih jurusan kuliah atau setengah hati.

Pertimbangkan Prospek Kerja

Tips lain dalam memilih jurusan kuliah adalah dengan mempertimbangkan prospek kerja setelah lulus. Karir seperti apa yang Anda inginkan di masa depan? Pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan? Mungkin Anda ingin menjadi seseorang yang bekerja di bidang IT, atau mungkin Anda ingin menjadi seorang desainer interior, atau bahkan seorang pebisnis?

Tujuan-tujuan tersebut bisa Anda jadikan sebagai motivasi dalam memilih jurusan kuliah Anda. Gali terlebih dahulu motivasi batin Anda sebelum memutuskan jurusan, agar tidak salah pilih. Dengan mengetahui prospek kerja yang Anda inginkan dan mencocokkannya dengan jurusan pilihan Anda, akan membantu Anda menjalani kuliah dengan lebih mudah.

Hal ini dikarenakan anda mempunyai motivasi yang tepat, sehingga kendala dan rasa malas dalam belajar dapat dengan mudah anda atasi. Apakah Anda seorang pelajar yang masih bingung ingin menekuni bidang apa di masa depan? Jika iya, mungkin Anda bisa bertanya pada diri sendiri beberapa hal sebelum memutuskan memilih jurusan.

Pikirkan apakah jurusan yang Anda pilih mempunyai peluang kerja yang besar dan dibutuhkan di dunia industri? Hal ini sangat penting, jika menurut Anda prospek kerja jurusan tersebut kecil, mungkin Anda bisa mencari jurusan lain sebagai pembanding. Selain itu, Anda juga bisa melihat jumlah pesaing yang ingin masuk ke departemen tersebut setiap tahunnya.

Selain itu, mencari prospek kerja jurusan 5-10 tahun ke depan, serta kisaran gaji yang diterima lulusan juga dapat dijadikan acuan sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat dan memiliki prospek kerja yang baik.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Bagaimana Tips Memilih Jurusan Kuliah seperti yang dilansir maxwin, Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image