Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Topik Irawan

Nyicip Segarnya Jeniper di Kuningan

Jalan Jalan | Thursday, 07 Sep 2023, 06:25 WIB
Warung Oleh oleh Teh Iim, menyediakan snack khas Kuningan(sumber poto: dokpri)

Gadung yang kerap di pandang penganan biasa biasa saja, kerap hadir ketika dalam suasana santai, atau menemani saat main gaple, cemilan murah meriah berasal dari umbi liar, di olah kemudian tersaji sebagai snack ala kampung.

Namun kini kripik gadung telah bersalin rupa, tak dinyana menemukan kripik gadung dengan kemasan rapi dan menjadi oleh oleh khas daerah, nggak nyangka banget kripik gadung yang merupakan tanaman liar dan kalau salah pengolahannya bisa membuat orang yang mengkonsumsinya keracunan, menjadi salah satu oleh oleh, luar biasa!

Seiring makin banyaknya tempat wisata di daerah Kuningan, kini kios oleh oleh pun menjamur, jalan utama yang menghubungkan Cirebon-Kuningan banyak di temukan kios kios yang menjual oleh oleh khas Kuningan. Tak melulu di jalan utama, kios oleh oleh pun menyebar di jalan kecamatan dan bahkan desa, asal di situ ada objek wisatanya.

Seperti warung oleh oleh Teh Iim yang menyediakan beragam buah tangan khas daerah, warung yang berada di tepi jalan Mandirancan-Cilimus ini berisi penganan yang menggugah selera, wajik,kripik gadung, kerupuk melarat, kripik ubi, opak, sari jeruk nipis hingga tape ketan. Pembeli bisa memilih milih dahulu aneka penganan, bisa ketengan atau juga dengan ukuran kilogram.

Namun primadona dari oleh oleh khas Kuningan adalah tape ketan yang di bungkus daun jambu, makanan hasil fermentasi ini memang dikenal dengan aroma khasnya yang wangi dan segar.Biasanya tape ketan ini disimpan dalam ember plastik dan isinya sekitar50 buah. Harganya di kisaran lima puluh ribu hingga seratus ribuan. Kalau sudah nyoba pasti ketagihan nih, nggak bikin kantong bolong, iya kan.

Produk yang diburu pembeli dan juga pecinta oleh oleh khas adalah minuman “Jeniper”, sekilas namanya mirip dengan aktris latin nan seksi, itu lho Jeniffer Lopez, namun Jeniper buatan Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan adalah singkatan dari JerukNipis Peras. Ketahuan deh minuman ini segarnya pol.Si Jeniper ini selalu hadir di warung oleh oleh khas Kuningan, nikmati segarnya Jeniper, tapi memang paling enak diminum dingin lebih nikmat, bisa jadi nantinya Jeniper ala Kuningan ngalahin ngetopnya J-Lo yang aktris itu.

Ada juga yang namanya Opak Bakar, penganan yang merupakan olahan singkong ini, menjadi salah satu oleh oleh incaran wisatawan yang melancong ke Kuningan, rasa gurihnya dan kriuknya menggoda, item ini adalah favorit di warung oleh oleh Teh Iim.

Oleh oleh khas bukan melulu tentang makanan atau minuman, namun juga ekosistem perekonomian pun berputar, ada tempat wisata, otomatis pengrajin pun bermunculan, yang punya warung mendapatkan pasokan barang yang akan dijual, bahkan saat ini ada juga pengepul daun jambu untuk kebutuhan tape ketan. Banyak orang yang saling terkait di industri pariwisata.

Namun dalam dua tahun terakhir, dunia pariwisata Kuningan mengalami cobaan setelah hadirnya pandemi. Itu pun dirasakan oleh penggiat pariwisata daerah lainnya. Namun saat ini geliat pariwisata di Kuningan mulai terlihat, weekdays menjadi moment seru berwisata ke Kuningan

Teh Iim dan juga ribuan pedagang oleh oleh tentunya merasakan pahitnya masa masa pandemi, kini mereka mencoba bangkit. Menata kembali keping harapan dengan menjajakan oleh oleh khas. Bila sempat ke Kuningan dan menuju desa Wisata Cibuntu, mampir dahulu ke warung oleh oleh Teh Iim. Penasaran asem manisnya tape ketan berbalut daun jambu, atau kriuknya kripik gadung. Itu sih adanya di kabupaten Kuningan atuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image