Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Antisipasi El-Nino, Kementan Sigap Salurkan Bantuan Pompanisasi Air untuk Petani

Info Terkini | Monday, 04 Sep 2023, 19:31 WIB
Petani Pandeglang mendapatkan bantuan pompanisasi air dari Kementerian Pertanian RI (Foto: Dok. DPKP Pandeglang)***

Mengantisipasi dampak perubahan iklim el-nino, Kementerian Pertanian (Kementan RI) melalui Direktorat Perlindungan (Ditlin) Tanaman Pangan (TP) dan Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten sigap memberikan bantuan pompanisasi air kepada petani disejumlah titik lokasi persawahan di 2 wilayah kecamatan di Kabupaten Pandeglang.

Bantuan diserahkan langsung Direktur Ditlin TP Bambang Pamuji, didampingi Kepala Distan Banten Agus M Tauchid yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), perwakilan dari Balai Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Provinsi Banten dan para petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) setempat.

“Alhamdulillah hari ini dari Ditlin TP Kementan memberi bantuan kegiatan gerakan penanganan dampak perubahan iklim sebanyak 4 titik di Kecamatan Carita dan Kecamatan Angsana,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang, Nasir, Senin (04/09/2023)

Nasir mengungkapkan, Kecamatan Carita mendapatkan bantuan pompanisasi air yang mampu mengairi sawah seluas 50 Hektar (Ha) sementara untuk Kecamatan Anggsana mendapat bantuan sumur pantek yang diperkirakan mampu mengairi areal persawahan seluas 20 Ha.

“Untuk Kecamatan Carita sudah mengalir ke sawah dengan luas sekitar 50 Ha di Desa Sukarame dan untuk Kecamatan Angsana mendapat 2 titik bantuan untuk sumur pantek yang bisa mengairi sawah seluas 20 ha,” ungkapnya

Begitupun, bantuan dari Distan Banten juga tadi sudah turun mesin pompa disel sebanyak 2 unit, mudah-mudahan sebagian lahan sawah yang kekeringan di wilayah tersebut dapat terairi.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Nasir sangat berterima kasih atas bantuan dan gerakan cepat dari Direktur Ditlin Kementan RI, Dinas Pertanian Provinsi Banten, Balai POPT Provinsi Banten dan para Petugas PPL yang sigap membantu penanganan kekeringan El-Nino di Kabupaten Pandeglang.

“Ini merupakan bentuk perhatian dan kesigapan dalam membantu petani yang membutuhkan tangan pemerintah membantu keluar dari kesulitan kekurangan air bagi tanaman. Semoga dengan intervensi ini tanaman bisa selamat dari kekeringan,” imbuhnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image