Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Keutamaan Istighfar: Menghapus Dosa dan Mendekatkan Diri kepada Allah Taala

Agama | Monday, 04 Sep 2023, 14:14 WIB
sumber gambar: freepik.com/odua

Istighfar merupakan permohonan ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa. Ini merupakan salah satu tindakan spiritual penting dalam Islam. Praktik istighfar memiliki berbagai keutamaan yang memengaruhi kehidupan spiritual dan moral bagi seorang muslim.

Apa saja keutamaan istighfar yang dapat menginspirasi dan memotivasi kita untuk gemar menjalankannya?

Berikut adalah keutamaan istighfar, di antaranya:

1. Menghapus Dosa: Salah satu keutamaan dari istighfar adalah kemampuannya untuk menghapus dosa-dosa kita. Dalam Al-Quran, Allah menegaskan bahwa Allah SWT Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Ketika kita dengan tulus memohon pengampunan-Nya melalui istighfar, Allah berjanji untuk mengampuni dosa-dosa kita, sebesar apapun dosa itu.

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Quran Surah Az-Zumar, 39:53)

2. Menghilangkan Beban Hati: Istighfar membawa rasa kedamaian dan ketenangan dalam hati, jiwa juga pikiran. Ketika kita merasa teringat atau terbebani oleh dosa-dosa masa lalu, istighfar adalah jalan untuk melepaskan beban itu. Perasaan lega yang datang setelah kita memohon pengampunan dapat membantu meningkatkan ketenangan mental dan emosional.

3. Mendekatkan Diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala: Istighfar adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ketika kita secara sadar mengakui kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki diri, itu adalah langkah pertama menuju keimanan yang lebih dalam. Allah mencintai hamba-Nya yang taat dan rendah hati.

4. Menghindari Kehancuran: Keutamaan istighfar juga mencakup perlindungan dari hukuman Allah. Dalam Islam, dosa-dosa yang tidak diampuni dapat membawa konsekuensi yang serius. Dengan beristighfar, kita memohon agar Allah SWT mengampuni serta melindungi kita dari akibat dosa-dosa tersebut.

5. Mencari Keberkahan: Istighfar juga dapat membawa berkah dalam hidup kita. Ketika kita memohon pengampunan atas kesalahan kita, Allah dapat memberikan berkah dan kemudahan dalam segala aspek kehidupan, termasuk rezeki, kesehatan, dan hubungan.

6. Menjauhkan Diri dari Perbuatan Buruk: Istighfar membantu kita untuk lebih berhati-hati bertindak, agar terhindar dari segala perbuatan dosa. Ketika kita terbiasa dengan praktik ini, kita menjadi lebih sadar akan tindakan-tindakan yang mungkin membawa dosa. Sehingga akan membimbing hati kita untuk selalu berbuat yang baik.

7. Membimbing untuk Banyak Mengingat Akhirat: Istighfar adalah pengingat yang kuat akan akhirat. Ketika kita merenungkan dosa-dosa kita dan berusaha untuk memperbaiki diri, itu adalah tanda bahwa kita memikirkan masa depan abadi kita di akhirat.

Istighfar adalah amalan yang sederhana namun memiliki keutamaan yang dahsyat. Keutamaan-keutamaan di atas menggambarkan betapa pentingnya istighfar dalam perjalanan spiritual seorang Muslim. Melalui istighfar, kita dapat membersihkan hati dan mendekatkan diri kepada Allah, sambil menjauhkan diri dari dosa-dosa. Itu adalah langkah penting dalam mencapai ketenangan batin dan mencapai kedamaian dalam hidup.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image