Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jogja Terkini

Pengurus Dewan Jamu Indonesia DIY Periode 2023-2026 Resmi Terbentuk

Kabar | Saturday, 02 Sep 2023, 15:09 WIB
Pengurus Dewan Jamu Indonesia DIY Periode 2023-2026 Resmi Terbentuk (Mas We)

YOGYAKARTA - Pengurus Dewan Jamu Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi dilantik, Sabtu, 2 September 2023 di RSA UGM Yogyakarta.

Pelantikan pengurus Dewan Jamu Indonesia DIY ini dilakukan disela Seminar Nasional, Pelatihan, dan Pameran Jamu-Obat Modern Asli Indonesia, Warisan Budaya Bangsa untuk Kesehatan Berbasis Sains yang diselenggarakan sejak kemarin, Jumat, 1 September 2023 hingga Minggu, 3 September 2023.

Pengurus Dewan Jamu Indonesia DIY langsung dilantik oleh Ketua Umum Dewan Jamu Indonesia, Mayjen TNI (Purn) Dr (H.C) dr. Daniel Tjen, Sp.S dan langsung dikukuhkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Drs. Beny Suharsono. M.Si.

Pembentukan Pengurus Daerah Dewan Jamu Indonesia DIY tahun 2023-2026 ini berdasarkan Keputusan Umum Dewan Jamu Indonesia Nomor 001/DJI/HK.17.04/2023.

Disampaikan Daniel Tjen, alasannya melantik kepengurusan Dewan Jamu Indonesia di DIY, karena diantara beberapa Provinsi di Indonesia, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X memiliki keberpihakannya pada jamu.

"Mengapa di Yogyakarta kita lantik, karena dari sekian banyak provinsi, komitmen dari Pemda, keberpihakannya pada jamu yaitu bapak Gubernur DIY, makanya dituangkan dalam Perdanya," katanya.

Pelantikan pengurus Dewan Jamu Indonesia DIY merupakan kali pertamanya dilakukan oleh Dewan Jamu Indonesia Pusat.

"Hari ini kita meletakan tonggak sejarah dengan melantik kepengurusan Dewan Jamu Indonesia DIY. Kemudian minggu depan kita baru akan melantik kepengurusan di Jawa Timur, lalu di Bali, dan kemudian kita harapkan dibanyak daerah yang lain," katanya.

Beny Suharsono pada kesempatan itu mengatakan telah diatur sejak jaman Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan diteruskan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, salah satunya mengatur tentang kewajiban tanah desa di kalurahan untuk memanfaatkan sebagian tanahnya dengan ditanami tanaman herbal.

Kembali disampaikan Beny, kenapa harus jamu, karena menurutnya sumber daya tradisional itu nyata di lapangan.

"Kita tidak perlu kemana-mana, itu semua ada diseantero kita dan mudah didapatkan," katanya.

Tapi karena selama ini, lanjut Beny yang ada diingatan kita hanya kimia saja, sehingga melupakan jamu.

"Dan mulai sekarang semangat ini kita gelorakan kembali, dan ada standarisasi, kerjasama dengan perguruan tinggi dan guru-guru besarnya, dipandu oleh Dewan Jamu Indonesia tentunya," pungkasnya. (mas)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image