Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abdullah Makhrus

Mengapa Anda Harus Segera Nikah?

Agama | Thursday, 31 Aug 2023, 05:45 WIB

Oleh: Abdullah Makhrus

“Kapan kamu nikah?”

“May. Maybe yes, maybe no.”

Pertanyaan di atas mungkin sering dilontarkan pada seseorang yang sudah beranjak memasuki usia pertengahan 20-an. Satu hal yang kadang selalu menjadi bahan bullyan adalah ketika pertanyaan itu menyangkut urusan menanyakan “STATUS” yang dibungkus dengan sebuah kalimat yang acapkali dihindari seseorang yaitu kapan nikah?

Ya, terkadang pernikahan menjadi sebuah momok yang bisa jadi lebih menakutkan dibandingkan tuyul, gendruwo, syetan atau bangsa makhluk halus lainnya. Apalagi ketika orang melihat bahwa usia kita sudah nyampe saatnya untuk menikah.

Apalagi kalau status kuliah sudah kelar, kerjamu juga sudah ada. “Tunggu apa lagi?” begitu kata sebagian kawan, keluarga, tak terkecuali orang tua pacar kamu katanya ingin segera menimang cucunya.

Menikah bagi sebagian orang mungkin jadi salah satu tujuan dan orientasi hidup ketika dirasa sudah masuk pada fase ”kemapanan”. Bahkan karena beberapa pertimbangan, ada diantaranya yang akhirnya memilih menikah di usia muda.

Namun, tidak seperti saat ini. Kini banyak kaum milenial dan gen Z malah memilih menunda pernikahan. Jika pada masa Emak dan Bapak kita dulu banyak yang menikah di usia awal 20-an, saat ini justru mereka lebih sering menikah tatkala jelang usianya memasuki 30-an.

Hasil survei yang dilakukan Populix ternyata menemukan beberapa alasan kenapa Gen Z dan sebagian milenial malah memilih menunda pernikahan mereka. Ada 57 persen gen Z dan milenial yang menunda pernikahan karena ingin berfokus berkarier sebagai alasan utama mereka.

Alasan lainnya dari survei ini juga ditemukan dari penundaan pernikahan yang dilakukan milenial dan gen Z. Sekitar 53 persen berpikir untuk menikmati hidup di luar karier seperti hobi atau keluarga. Sedangkan sebanyak 44 persen menunda pernikahan karena memang belum menemukan pasangan yang tepat.

Data survei ini berhasil dilakukan pada 1-3 Februari 2023 secara online melalui aplikasi Populix terhadap 1.087 responden. Responden itu terdiri dari laki-laki dan perempuan generasi milenial dan Z di Indonesia. (cnnindonesia.com, 12/03/2023)

Lantas, pertanyaannya. Apakah benar islam menganjurkan agar kakak menunda menikah?

Bersambung

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image