Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Air Rendaman Daun Sirih Efektif Menurunkan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi

Eduaksi | Monday, 28 Aug 2023, 23:11 WIB

Solo – Tekanan darah tinggi hingga sekarang masih menjadi momok penyakit pada lanjut usia, bagaimana tidak? Presentasi penderita hipertensi sebagian besar adalah para lansia. Faktor pembuluh darah pada lansia yang sudah kaku serta mengalami arterosklerosis menjadi pemicu utama kejadian hipertensi yang banyak terjadi pada lansia. Selain itu faktor penurunan degeneratif sistem tubuh manusia juga menjadi pemicu utama hipertensi pada lansia.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika mengikuti pelatihan asean para games /Foto : Dokpri

Salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah tinggi adalah dengan tindakan non farmakologi atau tindakan mandiri keperawatan. Salah satu tindakan mandiri keperawatan yang efektif untuk menurunkan tekanan darah adalah Aplikasi daun Sirih. Kandungan daun sirih yang tinggi oksidan sangat bagus untuk detoksifikasi tubuh manusia selain itu juga efektif untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu daun sirih juga memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, kandungan mineral sangat dibutuhkan tubuh untuk asupan cairan serta mengembalikan sel yang sudah rusak.

Daun sirih sendiri adalah tanaman dari China yang tumbuh liar ditembok serta disaluran air baik yang tergenang ataupun yang mengalir. Tumbuhan ini sangat mudah dijumpai dan sangat mudah dicari di pedesaan. Selain bisa menurunkan tekanan darah tinggi, manfaat daun sirih menurut Jurnal e-journal Aktivitas oksidan juga bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh manusia. Kandungan daun sirih yaitu Alkaloid, Tanin, Saponin, polifenol, kalsium oksalat, lemak dan minyak atsiri sangat efektif menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Ketika melakukan Pengabdian masyarakat ke desa Jumapolo yaitu dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan dalam penkesnya bahwa pemanfaatan rebusan daun sirih sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi pada pasien hipertensi. Selain itu tanaman yang mudah didapat disekitar membuat terapi rebusan daun sirih ini bisa menjadi tindakan non farmakologis yang masive bagi masyarakat dilingkungan pedesaan.

“Penelitian yang sudah saya lakukan untuk rendaman daun sirih sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah, yang penting dosis dan ukurannya pas sehingga tidak menyebabkan masalah efek samping dikemudian hari seperti masalah ginjal dan lain lain”, Ucap Prima Trisna Aji kepada Redaksi media online.*Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image