Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hana Anandirra

ISO 9001: Sistem Manajemen Mutu, Berikut Penjelasannya

Bisnis | Monday, 28 Aug 2023, 14:30 WIB

ISO 9001 adalah standar internasional untuk sistem manajemen mutu (SMM). SMM adalah kumpulan proses yang dirancang untuk memastikan bahwa organisasi memenuhi kebutuhan pelanggannya dan memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku.

ISO 9001 diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO), sebuah organisasi non-pemerintah yang mengembangkan standar internasional untuk berbagai bidang. ISO 9001 adalah standar manajemen mutu yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari 1,6 juta organisasi yang telah disertifikasi.

Tujuan ISO 9001

Tujuan ISO 9001 adalah untuk membantu organisasi meningkatkan efisiensi dan efektivitas mereka, serta meningkatkan kepuasan pelanggan. ISO 9001 juga dapat membantu organisasi memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku.

Prinsip-prinsip ISO 9001

ISO 9001 didasarkan pada tujuh prinsip manajemen mutu, yaitu:

  1. Kepemimpinan: Pemimpin menetapkan arah dan tujuan organisasi dan menciptakan kondisi yang memungkinkan orang-orang dalam organisasi terlibat secara penuh untuk mencapai tujuan tersebut.
  2. Kerja sama tim: Orang-orang dalam organisasi bekerja sama secara efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
  3. Pendekatan proses: Kegiatan organisasi dikelola sebagai proses yang saling terkait.
  4. Peningkatan berkelanjutan: Organisasi secara berkelanjutan meningkatkan kinerjanya.
  5. Pendekatan fakta untuk pengambilan keputusan: Keputusan dibuat berdasarkan analisis data dan informasi yang relevan.
  6. Hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok: Organisasi membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasoknya.
  7. Manajemen risiko: Organisasi mengidentifikasi, menganalisis, dan mengendalikan risiko yang dapat memengaruhi pencapaian tujuannya.

Manfaat ISO 9001

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh organisasi dari penerapan ISO 9001, antara lain:

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan: ISO 9001 membantu organisasi memenuhi kebutuhan pelanggan dan memastikan bahwa mereka puas dengan produk atau layanan yang diberikan.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas: ISO 9001 membantu organisasi meningkatkan efisiensi dan efektivitas mereka dengan meningkatkan produktivitas, mengurangi pemborosan, dan meningkatkan kualitas produk atau layanan.
  • Mengurangi biaya: ISO 9001 dapat membantu organisasi mengurangi biaya dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas mereka.
  • Meningkatkan reputasi: ISO 9001 dapat meningkatkan reputasi organisasi dan membuatnya lebih kompetitif.
  • Memenuhi persyaratan peraturan: ISO 9001 dapat membantu organisasi memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku.

Sertifikasi ISO 9001

Sertifikasi ISO 9001 adalah proses yang dilakukan oleh badan sertifikasi independen untuk menentukan apakah organisasi telah memenuhi persyaratan ISO 9001. Sertifikasi ISO 9001 adalah bukti bahwa organisasi telah menerapkan sistem manajemen mutu yang efektif.

Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001, organisasi harus mengajukan permohonan kepada badan sertifikasi independen. Badan sertifikasi akan melakukan audit terhadap organisasi untuk menentukan apakah organisasi telah memenuhi persyaratan ISO 9001. Jika organisasi telah memenuhi persyaratan ISO 9001, maka badan sertifikasi akan memberikan sertifikat ISO 9001 kepada organisasi.

Sertifikasi ISO 9001 berlaku selama tiga tahun. Selama masa berlakunya sertifikat, organisasi harus menjalani audit konsultan ISO surveillance setiap tahun untuk memastikan bahwa mereka masih memenuhi persyaratan ISO 9001. Pada akhir masa berlakunya sertifikat, organisasi harus menjalani audit re-sertifikasi untuk memperbarui sertifikasi mereka.

Kesimpulan

ISO 9001 adalah standar internasional yang dapat membantu organisasi meningkatkan efisiensi dan efektivitas mereka, serta meningkatkan kepuasan pelanggan. ISO 9001 juga dapat membantu organisasi memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku.

Bagi Anda yang membutuhkan konsultan ISO bisa menghubungi BGP Konsultan sebagai penyedia jasa konsultasi ISO agar perusahaan Anda mampu lulus sertifikasi ISO 9001 maupun ISO lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image