Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yoshua Markus Mariwu

Cara Menjadi Graphic Designer Pemula yang Sukses ala Panca Handono

Edukasi | Friday, 25 Aug 2023, 19:35 WIB
Sumber Ilustrasi rawpixel.com via FREEPIK

Pengenalan menjadi seorang graphic designer pemula adalah langkah pertama yang menarik dalam dunia desain grafis. Dalam era digital saat ini, keahlian desain grafis sangat dicari dalam berbagai industri. Jika Kamu tertarik untuk memulai perjalanan sebagai graphic designer pemula, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang akan membantu Kamu meraih kesuksesan.

  1. Memahami Dasar-dasar Desain Grafis: 

"Langkah pertama dalam menjadi graphic designer pemula adalah memahami dasar-dasar desain grafis. Kita perlu mengerti konsep warna, tipografi, komposisi, dan prinsip-prinsip desain. Banyak sumber daya online yang menyediakan tutorial dan kursus gratis maupun berbayar untuk mempelajari dasar-dasar ini," kata pria yang akrab dipanggil dengan nama Panca Han.

  2. Menggunakan Perangkat Lunak: 

Penguasaan perangkat lunak desain sangat penting. Pelajari fungsionalitas dasar dan fitur-fitur utama perangkat lunak tersebut. Ini akan membantu Kita membuat karya-karya desain dengan profesional.

Melalui akun instagramnya @pancahando menjelaskan, graphic designer pemula wajib mempelajari Adobe Photoshop, Illustrator, dan alat desain grafis berbasis web gratisan yang sering digunakan oleh freelancer.

  3. Menciptakan Portofolio: 

Saat Kita belajar dan berlatih, jangan lupa untuk menyimpan semua karya desainmu. Portofolio digital adalah aset berharga yang akan membantu menunjukkan kemampuanmu kepada calon klien atau pemberi kerja. Pastikan portofolio mencakup beragam jenis proyek untuk menunjukkan fleksibilitas.

  4. Belajar dari Sumber-sumber Terpercaya: 

Pria yang lahir pada tanggal 22 Mei 2001 ini juga selalu mencari tahu tentang tren terbaru dalam desain grafis. Baca blog, ikuti desainer terkenal di media sosial, dan bergabung dalam komunitas desain. Belajar dari sumber-sumber terpercaya membantu mengembangkan keterampilan Kita seiring waktu.

  5. Praktik dan Terus Berkembang: 

Seperti halnya dalam banyak bidang, praktik adalah kunci untuk sukses. Teruslah berlatih dan menciptakan karya desain. Jangan takut untuk mencoba gaya dan pendekatan baru. Semakin banyak berlatih, semakin berkembanglah kemampuan Kita.

  6. Mencari Peluang: 

Setelah Kita merasa percaya diri dengan kemampuan Kita, mulailah mencari peluang. Kita dapat mulai dengan proyek kecil untuk teman, keluarga, atau organisasi nirlaba. Perlahan, Kita dapat mengambil proyek yang lebih besar dan bahkan bekerja sebagai freelancer atau mengikuti kompetisi desain.

Kesimpulan

Menjadi graphic designer pemula adalah perjalanan yang menggembirakan. Dengan memahami dasar-dasar desain grafis, menguasai perangkat lunak, menciptakan portofolio, belajar dari sumber terpercaya, terus berlatih, dan mencari peluang, Kita dapat membangun karir yang sukses dalam desain grafis. Ingatlah bahwa kesabaran dan dedikasi adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image