Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bilqisti Nur Masitoh

Pemuda dan Romansa Virus Merah jambu

Curhat | Friday, 25 Aug 2023, 17:48 WIB
www.pinterest.com

 

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا، وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ , وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ .

Sesungguhnya segala puji hanya milik Allah, yang kita memuji-Nya, memohon pertolongan kepada-Nya, memohon ampun kepada-Nya, dan kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kita dan dari keburukan amal-amal perbuatan kita. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tak seorangpun dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang Allah sesatkan maka tak seorangpun mampu memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, berikan rahmat, keselamatan serta barakah kepada Junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan shahabatnya semuanya. Adapun setelah itu.

Membahas Virus merah jambu yang identik bagi kaum remaja dan pemuda, virus ini merupakan istilah bagi orang yang sedang dimabuk cinta, karena mabuk seringkali tak sadarkan diri bahkan hilang kendali.

Betapa mirismya mendengar berita yang makin kesini makin kesna, pemuda pada saat ini seringkali dilema tentang hal rasa merah jambu, yang bermula dari pandangan-pandangan yang nakal hal ini tak dapat dipungkiri bahwa setiap pemuda pasti merasakannya, lalu apakah hal ini termasuk hal terpuji atau hal tercela?

rasa cinta merupakan fitrah dari sang ilahi, merupakan anugrahkan pada setiap ciptaan-Nya, bahkan semua berawal dari cinta, angin berhembus karena cinta, air mengalir dari hulu ke hilir karena cinta, serta Adam dipertemukan dengan Hawa karena cinta, cinta yang bermuara pada cinta Sang Maha Cinta, cinta Allah yang tiada henti pada hamban-Nya demi keberlangsungan keberadaan manusia dan tidak menjadikannya punah.

۞ وَمَآ أُبَرِّئُ نَفۡسِيٓۚ إِنَّ ٱلنَّفۡسَ لَأَمَّارَةُۢ بِٱلسُّوٓءِ إِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّيٓۚ إِنَّ رَبِّي غَفُورٞ رَّحِيمٞ ٥٣

"Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. Yusuf:53).

Lalu apa salahnya cinta? Jangan salahkan cinta, salahkan pada pelaku cinta yakni para pecinta yang tak dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan serta rasa takut pada Murkanya Sang Maha Cinta, bukankah hukum cinta beralu pada pembuktian kecintaan,dan bukankah cinta yang harus tertanam pertama sebagai pondasi adalah cinta hamba yang hina kepada Sang Kholiq, apa kata Allah dalm firman-Nya surah Ali Imran ayat 31:

قُلۡ إِن كُنتُمۡ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِي يُحۡبِبۡكُمُ ٱللَّهُ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡۚ وَٱللَّهُ غَفُورٞ رَّحِيمٞ ٣١

31. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Yuk bagi pemuda aset penerus umat dan bangsa,tetap jagalah fitrah cinta itu jangan beri peluang syaitan ikut mendominasi.

Wahai sahabatku kau bukan donat yang jika diam itu mengembang, bergerak lah dan berkaryalah.

Bagaimana sih agar tetap profuktif diusia yang mana hormon cinta mulai tumbuh? jangan sampai ya hormon ini menghalangi kita apalagi berubah menjadi virus berbahaya untuk kelangsungan masa depan kita yang cerah dan gemilang. Lalu bagaimana thoriqoh healing bagi virus yang sudah menjalar ini, Mari berusaha dengan step ini:

ü Berdoa dan mohon perlindungan Allah Sang Maha Rahim

ü Saat hati tak tenang coba untuk mengambil air wudhu tunaikan shoolat dan bermunajat kepada Sang Pencipta hati dan rasa

ü Selalu berusaha mejaga hati, pandangan dan diri dari hal yang condong pada kemungkaran.

ü Berpuasa dan berusaha menjaga emosi diri

ü Berfikir jernih kenali baik buruknya serta manfaat dan mudhorotnya

ü Menyibukan diri dengan kebaikan dan pengembangan diri

ü Fokus meraih karir dan impian serta kuatkan semangat dan mtivasi untuk mencapainya

ü Buat target pencapaian

ü Membaca Al Qur’an serta buku-buku pengembangan diri

ü Berkumpul dan berdiskusi dengan banyak relasi dan jaringan

ü Memperluas wawasan dan pengalaman diri

ü Muhasabah dan evaluasi sesering mungkin

Yuk kenali diri gali potensi tangkal iri hati dan dengki, kuatkan tubuhmu lengangkan lamgkah dan gerakmu singsingkan lengan bajumu, hayaa kita siap beraksi. Jangan biarkan virus ini menjalar sebelum pada waktunya, kenali diri apakah fisik dan sikis sudah siap? Jika memang sudah siap dan mampu maka menikah adalah obat utamanya, menuliskan namamu dan namanya dibuku nikah, bukan mengirim untaian kalimat-kalimat beraroma syurga pada yang belum halal baginya. #udahPurusinAja #HalalkanAtauTinggalkan

{Bilqisti Nur Masitoh}

cinta memang fitrah bagi seluruh makhluk salah satunya adalah yang bernama manusia, rasa pun tak bisa dipaksa, hanya berserah dan berbenah agar Allah pantaskan pada sosok yang benar-benar terlihat ada syurga dalam dirinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image