Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Muhammadiyah Bandung

Bikin Camilan Sehat, Mahasiswa KKN UM Bandung Gelar Demo Masak di Desa Cilengkrang

Eduaksi | Tuesday, 22 Aug 2023, 10:27 WIB
Dokumentasi Promosi dan PMB UM Bandung.***

Bandung -- Dalam merealisasikan program kerja yang dibuat pada Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa KKN kelompok 99 dan 100 UM Bandung sukses berkolaborasi menggelar demo memasak camilan sehat ala rumahan di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, pada Minggu (19/08/2023).

Menurut mahasiswa penanggung jawab kegiatan, Salsabila Ghanis, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan produk olahan rumah kepada masyarakat.

“Program ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat seperti apa produk olahan makanan sehat berbahan baku produk lokal,” kata Salsabila.

Hakikal, Ketua Kelompok KKN 100, menambahkan bahwa selain memperkenalkan produk olahan makanan sehat, kegiatan ini juga sebagai media untuk menambah wawasan pengetahuan masyarakat tentang potensi pangan dari bahan baku lokal.

“Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang potensi dari bahan baku lokal di Desa Cilengkrang yang dapat diolah menjadi camilan sehat,” tambah Haikal.

Murah dan mudah diolah

Sementara itu, Ketua Kelompok KKN 99 Evita menambahkan bahwa camilan yang dibuat mahasiswa KKN ini lebih murah dan mudah diolah. Untuk bahan yang digunakan juga mudah didapatkan.

Pada program ini bahan utama yang digunakan adalah susu yang didapatkan di Desa Cilengkrang sehingga diharapkan dapat memajukan peternakan yang ada di sana.

Kegiatan ini diikuti oleh warga Desa Cilengkrang dan berlangsung di halaman Kantor Desa Cilengkrang. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa beserta istri, ibu-ibu PKK, dan seluruh staf Kantor Desa Cilengkrang.

Warga sangat antusias menyaksikan demo memasak camilan sehat ala rumahan ini. Antuasiasme mereka terlihat dari semangat menghadiri dan menyaksikan langsung kegiatan dari awal hingga selesai.

Kepala Desa Cilengkrang Entis Sutisna SH juga menunjukkan antusiasmenya pada kegiatan ini. Ia mengapresiasi dan berharap agar kegiatan tersebut memberikan manfaat lebih bagi semua pihak di desanya.

“Camilan es krim smoothies, enak," kata Kepala Desa semringah sambil mencicipi produk hasil karya mahasiswa KKN Kelompok 99 dan 100.

MPASI di Posyandu

Selanjutnya, istri Ketua RW 05 yang bernama Oom Omah tidak kalah antusias menyambut kegiatan yang dilakukan mahasiswa. Ia mengaku terinspirasi dengan camilan sehat ala rumahan kreasi mahasiswa KKN UM Bandung.

Tidak hanya itu, ia juga akan menjadikan camilan sehat ini sebagai makanan MPASI pada setiap kali kegiatan Posyandu di Desa Cilengkrang.

"Melihat antusiasme dan semangat yang ditunjukkan saat demo memasak berlangsung, program kerja yang dilakukan dinilai cukup berhasil. Dengan mengambil sinergi yang ada, demo tersebut diharapkan menjadi langkah nyata dalam memberdayakan potensi yang ada di Desa Cilengkrang," kata dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN UM Bandung di Desa Cilengkrang Dr Ivonne Ayesha SP MP.***(FA)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image