Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas FT-UMJ

FT-UMJ Membantu Korban Erupsi Gunung Semeru Dengan Inovasi Penyaring Air

Eduaksi | Thursday, 30 Dec 2021, 11:09 WIB
Keberangkatan Program Studi Mesin ke Semeru dilepas oleh Ketua PAKARTI pada Jumat 17 Desember 2021 (Dok FTUMJ)

Jakarta - Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta berangkat ke lokasi bencana meletusnya Gunung Semeru. Kunjungan tersebut diadakan dalam rangka membantu para korban erupsi Gunung Semeru dengan menggunakan salah satu inovasi dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas FT-UMJ yang Bernama alat penyaring air bersih. Kegiatan tersebut berlangsung mulai dari 16 – 21 Desember 2021.Kedatangan Program Studi Teknik Mesin tersebut diwakili oleh beberapa dosen dan mahasiswa.

Kegiatan ini diketuai oleh Kepala Program Studi Teknik Mesin yaitu bapak Sulis Yulianto S.T., M.T dan dilepas langsung oleh Ketua Pakarti Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta Hj. Rully Mujiastuti,, M.M.S.I. Alat yang dibuat oleh Program Studi Teknik Mesin ini adalah sebuah mesin yang dapat menfiltrasi air yang belum layak menjadi layak untuk dikonsumsi bahkan digunakan untuk kegiatan lainnya. Mesin ini dibuat Bersama sama antara Dosen dan mahasiswa pada Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UMJ.

Harapanya kami Mewakili Institusi adalah kegiatan ini dapat terus dilakukan dan menjalin kerjasama dan mengupayakan peluang peluang yg ada dalam Segala bidang dan kesempatan tentunya terkait dengan penerapan bidang teknologi hijau dan ramah lingkungan, sehingga dapat mensukseskan regulasi pemerintah terkait dengan kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup sesuai arah perkembangan era industri 4.0 dan hadirnya Society 5.0 saat ini, dimana Isu lingkungan merupakan hal Yg sangat penting dalam kehidupan masyarakat modern saat ini” Ucap Sulis Yulianto dalam kegiatannya di lokasi bencana.

Kegiatan bantuan ini sangat disambut baik oleh warga dan para pihak yang berada di lokasi. Bapak Sulis Yulianto mengucapkan, alat ini jika layak pengujian laboratorium nantinya akan layak juga untuk dikonsumsi sebagai minuman fresh Water sehingga tidak membutuhkan banyak botol plastik yang bermerk. Semua upaya tersebut juga bermaksud untuk penanggulangan dan pengurangan limbah plastik dari minuman botol plastik di posko. Dinas Kesehatan Lingkungan setempatpun sangat mendukung keberadaan alat ini karena sesuai dengan misi Lembaga mereka untuk memperhatikan lingkungan sekitar .

Kata Kunci : FTUMJ, Semeru, Teknik Mesin, UMJ

Baca Juga: Program Studi Teknik Mesin FT-UMJ Membantu Korban Erupsi Gunung Semeru Dengan Inovasi Penyaring Air Bersih

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image