MENGHADAPI KELUHAN KONSUMEN DI CAFE PANTURA LAMONGAN DAN REAKSI PERUSAHAAN TERSEBUT

Image
Bayu Kuncoro
Bisnis | Thursday, 30 Dec 2021, 08:45 WIB

Suatu perusahaan atau yang di sebut cafe adalah Salah satu bisnis yang menghadapi persaingan ketat. Eksistensi cafe di Pantura Lamongan telah menjadi pemandangan sehari-hari khususnya bagi kalagan anak-anak muda jaman sekarang. Salah satu cafe di Pantura Lamongan yang menarik perhatian saya adalah cafe di pinggir pantai. Hal pertama yang membuat orang-orang menarik perhatian adalah intensitas pengunjung yang datang setiap hari selalu ramai terutama pada saat siang sampai malam hari. Selain itu cafe yang di pinggir pantai ini dijadikan tempat berkumpul bagi para keluarga, komunitas-komunitas yang ada di lamongan, dan tidak dari komunitas Lamongan saja banyak juga yang dari luar Lamongan seperti dari Surabaya, malang, dak sekitarnya iku berkumpul atau nongkrong di cafe Pantura ini. Hal terakhir yang menarik perhatian orang-orang adalah adanya event-event yang sering diadakan oleh cafe Pantura seakan membuat pelanggan tertarik untuk ke cafe Pantura yang terletak di pinggir pantai ini. Berdasarkan ketertarikan tersebut maka saya bermaksud meneliti faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi konsumen untuk datang ke cafe Pantura Lamongan ini dan ingin meneliti keluhan-keluhan para konsumen di karenakan ada bayak nya pengunjung yang keluar masuk di cafe Pantura tersebut.

Suasana cafe merupakan salah satu faktor yang menunjang bisnis cafe dimana atmosphere yang ada dan membuat konsumen merasa berbeda, dan untuk setiap cafe yang mereka datangi. Atmosfer dalam sebuah cafe dapat mempengaruhi emosi dan perasaan konsumen sehingga dapat terjadi proses pembelian. Suasana cafe yang tercipta melalui eksterior dan interior, dan adanya suara atau gemuruh, musik, penerangan lainnya pada akhirnya dapat membentuk perasaan nyaman atau kecewa yang dapat dirasakan oleh konsumen. Salah satunya juga yang membuat konsumen kecewa adalah dari pelayan cafe tersebut.

Kualitas pelayanan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Kualitas pelayanan menjadi hal yang penting bagi suatu perusahaan jasa seperti cafe ini, karena dengan kualitas pelayanan yang baik konsumen akan merasa puas dan bahkan setia kepada perusahaan atau cafe tersebut, dan konsumen akan kembali lagi ke cafe tersebut karena pelayanannya sangat baik dan nyaman.

keputusan perusahaan melakukan tindakan perbaikan pelayanan atas banyak nya keluhan-keluhan dari konsumen yang sistematisnya merupakan payung yang menentukan dalam menindak lanjuti komplain konsumen dari suatu kegagalan sehingga pada akhirnya mampu mengikat loyalitas konsumen. Kualitas layanan mendorong konsumen untuk komitmen terhadap produk dan layanan perusahaan yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan penjualan dari cafe Pantura Lamongan ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

TINGKATKAN KUALITAS SOFT SKILL WBP DENGAN PELATIHAN

Image

Bagaimana Cara Kerja Layanan Verifikasi SMS?

Image

Tingkatkan Pelayanan dan Pembinaan, Lapas Banyuasin Terima Monev dari Divipas Sumsel

Image

Pemikiran Fikih Ekonomi Syariah Ahmad Azhar Basyir

Image

Semenit yang Dahsyat

Image

BSN Gandeng UMS, Tingkatkan Kesadaran Produk Ber-SNI

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image