Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bayu Kuncoro

MENGHADAPI KELUHAN KONSUMEN DI CAFE PANTURA LAMONGAN DAN REAKSI PERUSAHAAN TERSEBUT

Bisnis | Thursday, 30 Dec 2021, 08:45 WIB

Suatu perusahaan atau yang di sebut cafe adalah Salah satu bisnis yang menghadapi persaingan ketat. Eksistensi cafe di Pantura Lamongan telah menjadi pemandangan sehari-hari khususnya bagi kalagan anak-anak muda jaman sekarang. Salah satu cafe di Pantura Lamongan yang menarik perhatian saya adalah cafe di pinggir pantai. Hal pertama yang membuat orang-orang menarik perhatian adalah intensitas pengunjung yang datang setiap hari selalu ramai terutama pada saat siang sampai malam hari. Selain itu cafe yang di pinggir pantai ini dijadikan tempat berkumpul bagi para keluarga, komunitas-komunitas yang ada di lamongan, dan tidak dari komunitas Lamongan saja banyak juga yang dari luar Lamongan seperti dari Surabaya, malang, dak sekitarnya iku berkumpul atau nongkrong di cafe Pantura ini. Hal terakhir yang menarik perhatian orang-orang adalah adanya event-event yang sering diadakan oleh cafe Pantura seakan membuat pelanggan tertarik untuk ke cafe Pantura yang terletak di pinggir pantai ini. Berdasarkan ketertarikan tersebut maka saya bermaksud meneliti faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi konsumen untuk datang ke cafe Pantura Lamongan ini dan ingin meneliti keluhan-keluhan para konsumen di karenakan ada bayak nya pengunjung yang keluar masuk di cafe Pantura tersebut.

Suasana cafe merupakan salah satu faktor yang menunjang bisnis cafe dimana atmosphere yang ada dan membuat konsumen merasa berbeda, dan untuk setiap cafe yang mereka datangi. Atmosfer dalam sebuah cafe dapat mempengaruhi emosi dan perasaan konsumen sehingga dapat terjadi proses pembelian. Suasana cafe yang tercipta melalui eksterior dan interior, dan adanya suara atau gemuruh, musik, penerangan lainnya pada akhirnya dapat membentuk perasaan nyaman atau kecewa yang dapat dirasakan oleh konsumen. Salah satunya juga yang membuat konsumen kecewa adalah dari pelayan cafe tersebut.

Kualitas pelayanan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Kualitas pelayanan menjadi hal yang penting bagi suatu perusahaan jasa seperti cafe ini, karena dengan kualitas pelayanan yang baik konsumen akan merasa puas dan bahkan setia kepada perusahaan atau cafe tersebut, dan konsumen akan kembali lagi ke cafe tersebut karena pelayanannya sangat baik dan nyaman.

keputusan perusahaan melakukan tindakan perbaikan pelayanan atas banyak nya keluhan-keluhan dari konsumen yang sistematisnya merupakan payung yang menentukan dalam menindak lanjuti komplain konsumen dari suatu kegagalan sehingga pada akhirnya mampu mengikat loyalitas konsumen. Kualitas layanan mendorong konsumen untuk komitmen terhadap produk dan layanan perusahaan yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan penjualan dari cafe Pantura Lamongan ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image