Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Rutan Temanggung

Terkesan Dengan Produk Karya WBP, Gubernur Jawa Tengah Beri Pujian

Agama | Friday, 18 Aug 2023, 08:49 WIB

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah terkesan dengan produk karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas I Semarang.

Bukan rahasia lagi kalau orang nomor satu di Jawa Tengah itu, memang menaruh atensi positif terhadap pembinaan di Lapas dan Rutan.

Usai menyerahkan Remisi Umum secara simbolis, yang digelar di Aula Kunjungan Lapas Semarang, Kamis (17/08), Ganjar Pranowo bersama wakilnya, Taj Yasin, menyempatkan diri untuk melihat pameran produk karya WBP.

"Bagus loh ini. Bahannya dari mana," tutur Ganjar saat melihat salah satu produk konveksi.

"Berapa harganya ini? Beli-beli. Beli 10," kata Ganjar memberikan arahan kepada ajudannya.

"Ini harus lebih rapi lagi ini (Packaging)," ujarnya di kesempatan yang lain.

"Ini ngerjainnya di dalam?," tanya Ganjar yang tampak kagum melihat hasil furniture.

Pada pameran itu, ada beberapa produk yang ditampilkan, misalnya kain batik, boneka, handycraft, keset, roti, kaligrafi, jaket, sendal anyaman dan lain sebagainya.

Ditemui media, Politisi Partai PDI-P itu menyampaikan apresiasinya.

"Mereka pamer karya-karya selama dibina di dalam Lembaga Pemasyarakatan. Tampilan bagus," puji Ganjar yang didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Hantor Situmorang.

"Bahkan ada yang bisnis kaya furniture. Ini seperti maklon gitu ya, jadi dari pengusaha nya masuk ke sini, kemudian orang di sini mengerjakan, jadi diambil, dibayar di sini, maka jadi lebih produktif," tambahnya.

Gubernur Jawa Tengah berharap, program pembinaan di Lapas dan Rutan bisa terus ditingkatkan, untuk memberikan bekal kepada WBP, agar saat bebas nanti, mereka bisa diterima oleh masyarakat.

"Harapannya, kita akan bisa mencoba memasyarakatkan mereka dengan menambah keterampilan," kata Ganjar.

"Rasanya, mereka membuat batik juga pintar, membuat kerajinan juga pintar, sehingga lebih produktif".

"Taruhlah kemudian, ketika mereka keluar, mereka punya keterampilan dan bisa berkerja, ya itulah cara agar mereka tidak berbuat atau tidak mengulangi kejahatan dengan melanggar aturan," imbuhnya.

Ganjar juga mengapresiasi kinerja para petugas Lapas Semarang yang telah melakukan pembinaan secara optimal.

"Jadi kreativitas dari para pengasuh yang ada disini, pembina yang ada di sini, menurut saya bagus dan ada beberapanya bekerjasama dengan pihak luar," pungkasnya mengakhiri wawancara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image