Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Barikan: Tradisi Menjelang Peringatan HUT RI

Sejarah | Thursday, 17 Aug 2023, 05:55 WIB

Dalam masyarakat Jawa Timur dapat ditemui tradisi yang unik bernama Barikan. Beberapa sumber mengatakan bahwa kata dasar ‘barik’ berasal dari bahasa arab yaitu barokah yang artinya berkah. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti baris.

Tradisi Barikan selalu ada dan tak pernah ditinggalkan oleh warga Jawa Timur, ketika menjelang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Pada malam menjelang peringatan HUT RI, warga Jawa Timur melakukan tradisi ini yang dipadukan dengan agama dan seni budaya. Barikan merupakan waktu untuk mengucapkan syukur para warga, sekaligus menuntaskan kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia. Lagu kebangsaan Indonesia Raya juga dilantunkan malam itu oleh para warga sebagai tanda cinta kepada negeri ini.

Potong tumpeng oleh direktur Al Hikmah Boarding School Batu

Di Al-Hikmah Boarding School Batu juga mengadakan acara semacam barikan ini, acara di awali dengan potong tumpeng oleh Dr. Edy Kuntjoro, M.Pd selaku direktur Al Hikmah Boarding School Batu, kemudian makan bersama seluruh siswa dan guru Al Hikmah Boarding School Batu. Setelah itu dilanjutkan dengan gelaran pentas seni oleh siswa, mulai dari drama perjuangan, puisi perjuangan dan juga menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat kepada bangsa Indonesia yang hingga saat ini kemerdekaannya yang ke-78. Semoga Indonesia bisa terus berkembang lebih baik lagi. Aamiin

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image