Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fuad Fathurrozi

Sentuhan Ajaib Tangan Mahasiswa: Pemberdayaan UMKM Melalui Pembuatan Keripik Pisang (Bancak)

UMKM | Sunday, 13 Aug 2023, 18:26 WIB
Pelaksanaan Program Mulitidisiplin Sosialisasi dan Demonstrasi Pembuatan Keripik Pisang

Boyolali (12/08/2023) - Desa Bercak terletak di bagian utara Kecamatan Boyolali, dengan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Di wilayah ini, pisang menjadi salah satu komoditas pertanian utama selain jagung. Meskipun pisang melimpah, buah ini memiliki tantangan dalam hal pemasaran karena jika dijual segar, harganya rendah dan masa simpannya singkat setelah panen karena rentan mengalami pemasakan berlebihan yang mengakibatkan kerusakan. Oleh karena itu, langkah diversifikasi produk menjadi penting, di mana pisang dapat diolah menjadi produk seperti keripik sebagai alternatif solusi.

Desa Bercak hanya memiliki dua UMKM yang terdaftar di Pemerintah Kabupaten Boyolali. Permasalahan paling menonjol yaitu Masyarakat sekitar belum mampu mengelola potensi-potensi desa dengan maksimal karena keterbatasan ilmu pengetahuan. Mahasiswa TIM KKN Undip menginisiasi program multidisiplin yaitu pemberdayaan UMKM melalui pembuatan keripik pisang. Pisang keripik merupakan produk olahan yang dihasilkan dari pisang dengan cara penggorengan atau pengovenan hingga menjadi keripik kering. Proses pembuatan keripik pisang ini melibatkan beberapa tahap, mulai dari pemilihan pisang yang tepat hingga proses pengemasan. Keripik tersebut dibuat dan dijual dengan varian rasa, seperti rasa coklat bubuk, coklat lumer, maupun strawberry lumer.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2023 dengan sasaran ibu PKK dan warga-warga sekitar. Kami mengedukasi ibu PKK mulai dari pembuatan, pengemasan, hingga cara marketing. Penjualan keripik pisang nantinya akan dititipkan ke desa-desa sebelah. Antusiasme masyarakat dan mahasiswa menunjukkan bahwa program pembuatan kripik pisang dalam rangka pemberdayaan UMKM di Desa Bercak dapat berjalan dengan baik.

Pelaksanaan program ini tidak hanya memberikan alternatif pengolahan pisang, tetapi juga membuka peluang baru dalam pemasaran dan ekonomi lokal. Dengan berbekal keripik pisang berkualitas tinggi, Desa Bercak dapat membuktikan bahwa dari pisang yang sederhana, lahir potensi yang luar biasa. Harapannya yaitu masyarakat dapat terus mengembangkan produk sehingga perekonomian warga sekitar dapat terdongkrak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image