Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anisa Azzahra

5 Masalah Sistem Produksi yang Bisa Diatasi Software ERP

Teknologi | Thursday, 10 Aug 2023, 09:01 WIB
source: https://elements.envato.com/young-factory-engineer-in-workwear-testing-new-pro-GDPW3T2

Masalah utama yang dihadapi oleh perusahaan manufaktur adalah sistem produksi. Tidak tanggung-tanggung, masalahnya bisa saja muncul saat proses perencanaan hingga pelaksanaannya loh.

Namun sekarang kamu tidak perlu takut lagi! Semenjak ada software ERP (Enterprise Resource Planning) semua masalah tersebut bisa kamu atasi dengan mudah. Yuk ketahui bagaimana software ini bisa menjadi solusi yang efektif bagi bisnismu!

Kendala Perencanaan dan Penjadwalan Produksi

Perencanaan dan penjadwalan produksi sangat menentukan inti operasional manufaktur yang lancar. Namun, kendala sering muncul, mulai dari perubahan permintaan tiba-tiba hingga keterlambatan pasokan.

Tenang saja, software ERP hadir sebagai alat yang kuat untuk mengatasi tantangan ini. Melalui integrasi data dari seluruh departemen dan analisis real-time, sistem ini bisa membantu dalam membuat jadwal dinamis yang dapat beradaptasi dengan segala perubahan, baik itu tingkat customer demand ataupun tingkat persediaan.

Hasil akhirnya adalah produksi yang lebih efisien, pengurangan waktu tunggu, dan peningkatan kepuasan pelanggan, semua dalam satu solusi terintegrasi.

Waktu Siklus Produksi yang Lama

Waktu siklus produksi yang lama sering menyebabkan over budget yang membludak! Ada beberapa faktor penyebab terjadinya hal ini, mulai dari perencanaan yang tidak tepat, ketidakseimbangan kapasitas, kurangnya koordinasi antar tim, dan masih banyak lagi. Namun, semua itu tidak perlu kamu rasakan lagi, jika sudah menerapkan software ERP.

Melalui integrasi data real-time, otomatisasi proses berulang, dan analisis performa yang tepat, tool ini akan membantumu dalam memahami dan mengatasi hambatan dalam produksi. Dengan menyediakan gambaran yang komprehensif tentang setiap prosesnya, mulai dari perencanaan proses produksi hingga pengiriman. Hasilnya? Produksi yang lebih cepat, tepat waktu, dan lebih responsif terhadap perubahan pasar.

Kesulitan dalam Pelacakan Proses atau Barang

Pelacakan komponen bisa jadi sesuatu yang menantang, tetapi tidak lagi dengan bantuan tool yang tepat! Menggunakan sistem terintegrasi, teknologi ini memungkinkan kamu untuk memiliki kontrol yang lebih besar di bagian mana pun proses manufaktur. Dari bahan baku hingga produk akhir, setiap detail dapat diawasi dengan cermat.

Singkatnya, kecanggihan ini mengubah cara kita melihat dan mengelola komponen dalam produksi, menjadikan proses lebih terkontrol dan transparan. Solusi yang ditawarkan oleh software ERP ada barcode dan RFID tracking, warehouse management, supply chain management, dan masih banyak lagi. Dimana semuanya akan memberikan gambaran visual dari setiap proses yang ada. Jadi, kamu bisa melihat bagaimana setiap komponen bergerak melalui proses, membantu dalam perencanaan dan penyesuaian yang diperlukan.

Ketidakseimbangan Kapasitas Produksi

Menemukan keseimbangan yang tepat dalam kapasitas produksi seringkali menjadi teka-teki yang rumit. Terlalu besar kapasitasnya, akan berpengaruh ke banyak sumber daya yang terbuang. Lalu ketika kamu membuat perencanaan kapasitas produksi yang terlalu sedikit, kamu tidak akan bisa memenuhi permintaan konsumen. Jadi bingung kan?

Tenang saja, kamu tidak perlu bingung lagi ketika ada software ERP. Sistem ini bisa melakukan penggabungan data dari seluruh operasi, melakukan analisis cerdas, dan membuat perencanaan kapasitas yang sesuai dengan permintaan produk.

Fitur seperti perencanaan sumber daya lanjutan, manajemen persediaan, dan integrasi rantai pasokan, semua bekerja bersama untuk memastikan bahwa kapasitas selalu sesuai dengan kebutuhan, mengurangi pemborosan dan meningkatkan efisiensi.

Kegagalan Memenuhi Permintaan Pelanggan

Memenuhi permintaan pelanggan adalah salah satu tantangan terbesar dalam industri manufaktur, dan kegagalan dalam hal ini dapat merusak reputasi bisnismu. Penyebabnya biasanya karena ketidakseimbangan persediaan, keterlambatan pengadaan, kesalahan perencanaan kapasitas, perubahan permintaan yang cepat, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, software ERP menjadi solusi yang cerdas bagi kamu. Dilansir dari laman ScaleOcean, teknologi satu ini menyediakan fitur analisis canggih untuk melakukan analisis permintaan pelanggan. Hal ini sangat penting untuk membantumu dalam memastikan jumlah produk yang harus diproduksi dalam jumlah yang pas di waktu yang tepat. Bila seluruh kebutuhan pelanggan terpenuhi, maka akan berdampak pada meningkatnya kepuasan dan loyalitas mereka.

Kesimpulan

Software ERP, dengan kemampuannya untuk mengintegrasikan, menganalisis, dan mengoptimalkan berbagai aspek dari operasi produksi, membuka pintu ke efisiensi dan fleksibilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dari pelacakan komponen hingga penyesuaian waktu siklus produksi, teknologi ini menawarkan cara baru untuk menjawab tantangan klasik di bisnis manufaktur.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image