Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sabrina Maula Balqis

KELUHAN KONSUMEN DAN CARA MENGATASINYA

Bisnis | Wednesday, 29 Dec 2021, 15:31 WIB

Keluhan konsumen model perilaku keluhan konsumen mengidentifikasi dua tujuan utama untuk mengeluh.

Pertama, konsumen mengeluh untuk menutupi Kerugian ekonomi. Mereka mungkin berusaha menukar produk yang bermasalah dengan produk lainnya,baik secara langsung dari perusahaan / toko maupun secara tidak langsung melalui tindakan hukum. Adapun, sejumlah faktor yang memengaruhi keluhan konsumen telag diidentifikasi. Perilaku keluhan konsumen meningkat apabila :

1. Tingkat ketidakpuasan meningkat

2. Perusahaan disalahkan atas suatu masalah

3. Sumber-sumber yang tersedia bagi konsumen untuk mengeluh meningkat

Biasanya kemarahan pelanggan juga dapat disebabkan oleh keluhan yaitu, pelayanan tidak seperti yang dijanjikan, merasa tertipu atau dimainkan, merasa diperlakukan dengan kasar, dilayani petugas yang tidak kompeten. Alasan-alasan tersebutlah yang membuat pelanggan melakukan keluhan terhadap suatu perusahaan. Karena banyak ekspektasi ataupun keinginan konsumen yang tidak terpenuhi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi keluhan dari para konsumen tersebut? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya yaitu :

- Menangani keluhan tepat waktu

- Keluhan dari konsumen ditangani oleh orang yang tepat

- Menunjukkan rasa empati

- Responsif terhadap keluhan

- Bersikap solutif

- Berterimakasih atas komplain yang diberikan

Itu adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menangani keluhan dari konsumen.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image