Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syahrial, S.T

Orang yang Bangkrut di Akhirat

Agama | Sunday, 06 Aug 2023, 19:50 WIB
Dok. iStock via Canva

Dalam Islam, ada istilah orang yang bangkrut di akhirat. Orang yang bangkrut di akhirat adalah orang yang beramal banyak, tetapi amal mereka tidak diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ada beberapa sebab mengapa amal seseorang tidak diterima oleh Allah, di antaranya:

* Amalnya dibarengi dengan kesyirikan. Kesyirikan adalah menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain. Kesyirikan adalah dosa yang paling besar dan dapat menghapus semua amal kebaikan yang telah dilakukan.

* Amalnya didasari motivasi duniawi. Amal yang dilakukan semata-mata untuk mendapatkan pujian manusia atau untuk mendapatkan keuntungan duniawi tidak akan diterima oleh Allah.

* Amalnya tidak ikhlas. Ikhlas adalah melakukan amal hanya untuk mencari ridha Allah semata, tanpa mengharap pujian atau ganjaran dari orang lain. Amal yang tidak ikhlas tidak akan diterima oleh Allah.

Selain sebab-sebab di atas, ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan amal seseorang tidak diterima oleh Allah, di antaranya:

* Orang yang durhaka kepada orang tua.

* Orang yang suka mengungkit-ungkit pemberian atau jasanya kepada orang lain.

* Orang yang mendustakan takdir.

* Orang yang hasad kepada orang lain.

* Orang yang suka menggunjing atau memfitnah orang lain.

Jika kita ingin agar amal kita diterima oleh Allah, maka kita harus menghindari semua hal-hal yang dapat menyebabkan amal kita tidak diterima. Kita harus beramal dengan ikhlas, hanya untuk mencari ridha Allah semata. Kita juga harus beramal dengan penuh kesabaran dan kesungguhan. Amal yang dilakukan dengan ikhlas dan penuh kesabaran akan lebih mudah diterima oleh Allah.

Ingatlah, bahwa balasan kebaikan adalah kebaikan berikutnya dan balasan kejahatan adalah kejahatan berikutnya. Jika kita ingin mendapatkan balasan kebaikan di akhirat, maka kita harus beramal dengan kebaikan. Sebaliknya, jika kita ingin mendapatkan balasan kejahatan di akhirat, maka kita harus beramal dengan kejahatan.

Semoga kita semua dapat menjadi orang yang tidak termasuk orang yang bangkrut di akhirat. Semoga amal kita semua diterima oleh Allah dan mendapatkan balasan yang setimpal di akhirat. Aamiin.

Penjelasan Tentang Amal yang Tidak Diterima

Amal yang tidak diterima oleh Allah adalah amal yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Amal yang tidak sesuai dengan syariat Islam adalah amal yang tidak dilakukan dengan benar, atau amal yang dilakukan dengan niat yang tidak benar. Amal yang tidak dilakukan dengan benar adalah amal yang tidak sesuai dengan petunjuk Nabi Muhammad SAW. Amal yang dilakukan dengan niat yang tidak benar adalah amal yang dilakukan untuk mendapatkan pujian manusia atau untuk mendapatkan keuntungan duniawi.

Amal yang tidak diterima oleh Allah juga termasuk amal yang dilakukan dengan riya', sum'ah, dan motivasi duniawi. Riya' adalah melakukan amal untuk mendapatkan pujian manusia. Sum'ah adalah melakukan amal untuk menunjukkan kepada orang lain. Motivasi duniawi adalah melakukan amal untuk mendapatkan keuntungan duniawi.

Amal yang tidak diterima oleh Allah juga termasuk amal yang dilakukan dengan tidak ikhlas. Ikhlas adalah melakukan amal hanya untuk mencari ridha Allah semata, tanpa mengharap pujian atau ganjaran dari orang lain. Amal yang tidak ikhlas tidak akan diterima oleh Allah, meskipun amal itu dilakukan dengan benar dan niatnya baik.

Cara Agar Amal Kita Diterima oleh Allah

Jika kita ingin agar amal kita diterima oleh Allah, maka kita harus melakukan hal-hal berikut:

* Melakukan amal dengan benar sesuai dengan syariat Islam.

* Melakukan amal dengan niat yang benar, yaitu untuk mencari ridha Allah semata.

* Melakukan amal dengan ikhlas, yaitu tanpa mengharap pujian atau ganjaran dari orang lain.

* Melakukan amal dengan penuh kesabaran dan kesungguhan.

* Melakukan amal dengan tidak riya', sum'ah, dan motivasi duniawi.

Jika kita melakukan hal-hal di atas, maka insya Allah amal kita akan diterima oleh Allah dan mendapatkan balasan yang setimpal di akhirat.

Pentingnya Amal

Amal adalah perbuatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah. Amal dapat berupa perbuatan baik maupun perbuatan buruk. Amal yang baik akan mendapatkan pahala dari Allah, sedangkan amal yang buruk akan mendapatkan dosa dari Allah.

Amal sangat penting bagi manusia, karena amal akan menentukan tempat manusia di akhirat. Orang yang beramal baik akan masuk surga, sedangkan orang yang beramal buruk akan masuk neraka.

Oleh karena itu, setiap orang harus berusaha untuk beramal baik sebanyak-banyaknya. Amal baik dapat dilakukan dalam berbagai hal, seperti beribadah kepada Allah, membantu orang lain, dan menjaga diri dari perbuatan dosa.

Semoga kita semua dapat menjadi orang yang beramal baik dan mendapatkan balasan yang setimpal di akhirat. Aamiin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image