UMJ Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Desa Dengan Hidroponik

Image
Humas FT-UMJ
Eduaksi | Wednesday, 29 Dec 2021, 10:44 WIB
Pelatihan Hidroponik bersama Ibu Ibu Desa Pantai Harapan Jaya Bekasi. pada 23 Desember 2021 (Dok. UMJ)

Jakarta – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi kelautan yang cukup besar. Sehingga membuat banyak masyarakat Indonesia menjadikan laut sebagai mata pencaharian utama. Namun pada kenyataannya, sampai sekarang wilayah pesisir dan laut belum menjadi prioritas utama bagi pertumbuhan ekonomi secara nasional. Selain itu Belum memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Desa Pantai Harapan Jaya merupakan salah satu desa yang terletak di pesisir pantai dengan sebagian besar masyarakatnya masih berada dibawah garis kemiskinan. Posisi desa yang terletak jauh dari pusat kota membuat masyarakat jarang tersentuh oleh pembinaan yang dapat mendorong keterampilan dan ekonomi sosial masyarakat setempat.

Peninjauan Lokasi Desa Pantai Harapan Jaya yang sedang mengalami air pasang. pada 21 Desember 2021 (Dok.UMJ)

Hal ini lah yang membuat Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Terdorong untuk meningkatkan potensi desa tersebut. Melalui Program Pengabdian kepada masyarakat dan juga untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, UMJ mengkolaborasikan 4 disiplin ilmu yaitu Teknik Kimia, Teknik Industri, Agroteknologi dan Manajemen Akutansi untuk membuat program pelatihan Rumah Hidroponik di Desa Pantai Harapan Jaya, Muara Gembong - Bekasi. Pelatihan dilakukan pada tanggal 23 Desember 2021 disertai dengan penyerahan satu set alat filtrasi yang dapat menunjang kebutuhan air pada rumah hidroponik.

Rumah hidroponik merupakan rumah yang digunakan untuk pertanian budidaya tanaman secara hidroponik. Sedangkan Hidroponik adalah aktivitas pertanian yang dijalankan dengan menggunakan air sebagai medium untuk menggantikan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman.

Pelatihan Rumah Hidroponik di Desa Pantai Harapan Jaya Bekasi. (Dok. UMJ)

Program Rumah Hidroponik ini dipilih karena memiliki beberapa keuntungan yaitu menghemat lahan, biaya operasional yang murah, mudah dilakukan, dan dapat menggunakan Barang-barang bekas sebagai wadah nya. Selain itu dengan adanya rumah hidroponik ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari hari dan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial” Ujar ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat Ibu Ummul Habibah Hasyim di Jakarta 23 Desember 2021.

Target dari pelatihan rumah hidroponik adalah 40 orang. Akan tetapi, kegiatan ini disambut secara antusias oleh masyarakat desa. Dapat dilihat dengan hadirnya kurang lebih 90 warga yang mengikuti pelatihan rumah hidroponik. Warga yang datang mendengarkan secara serius materi yang disampaikan oleh Ibu Ika Kurniaty dan Ibu Renty Anugerah Mahaji Puteri, selaku Instruktur Pelatihan Tim Pengabdian Masyarakat UMJ. Selain itu masyarakat juga merasakan perhatian dari pemerintah melalui program ini.

Harapan kedepan, dengan adanya kegiatan pelatihan rumah hidroponik dapat memberikan keterampilan baru dan dapat terus memotivasi masyarakat dalam mencapai peningkatan kesejahteraan sosial.

Kata Kunci : Hidroponik, Pelatihan, Pengabdian Masyarakat, UMJ

Baca Juga : UMJ Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Desa Dengan Hidroponik

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

150 Kumpulan Rekomendasi Caption Instagram Yang Sesuai Dengan Tema Fotonya

Image

Apa Fungsi dari Situs Web Lifeat Io Celebrity yang Sedang Ramai

Image

Tutor Pemasangan Apk PUBG 32 Bit Versi 1.5.0 Lengkap Beserta Link Download

Image

PUBG 32 Bit Apk V1.5 (Link Download Terbaru) Gratis 2022 Lengkap Beserta Cara Pasang Aplikasinya

Image

MP4Juice : Situs Gudang Download Lagu dan Musik Selain MP3Juice

Image

Link Nonton Anime Spy x Family Episode 12 Sub Indo Terbaru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image