Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Inilah 5 Alat Dikte Gratis yang Dapat Dimanfaatkan pada Windows

Teknologi | Sunday, 30 Jul 2023, 12:47 WIB
5 Alat Dikte Gratis yang Dapat Dimanfaatkan pada Windows atau macOS (MUO/SSdarindo)

Dikte adalah fitur bermanfaat yang memungkinkan kita menggunakan suara alih-alih tangan untuk mengetik. Ada banyak alat dikte dengan fitur yang berbeda. Anda dapat menggunakan beberapa alat dikte gratis di komputer untuk menikmati pengalaman mengetik tanpa menggunakan tangan.

Sebelum menetapkan alat dikte, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Anda menginginkan sesuatu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti alat dikte dasar atau perangkat lunak dikte yang lebih canggih dengan fitur tambahan.

Dilanasir dari laman MUO, berikut sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih perangkat lunak dikte.

1. Akurasi

Akurasi adalah kunci dalam perangkat lunak dikte. Anda tidak ingin frustrasi saat mendikte karena perangkat lunak salah menyalin kata-kata Anda bahkan setelah Anda mengulangi kata tersebut beberapa kali. Jadi, jika Anda memilih perangkat lunak dikte, pilih yang memiliki akurasi tinggi.

2. Kompatibilitas

Tidak semua perangkat lunak dikte akan tersedia di setiap perangkat. Tak perlu dikatakan bahwa Anda akan memilih perangkat lunak yang kompatibel dengan perangkat Anda.

Namun, jika Anda ingin menggunakan perangkat lunak dikte di beberapa perangkat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan satu perangkat yang kompatibel dengan banyak peringkat. Jadi, Anda tidak perlu mempelajari cara menggunakan perangkat lunak yang berbeda di setiap perangkat.

3. Kemudahan

Pengalaman pengguna adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perangkat lunak apa pun, dan tidak ada bedanya dengan perangkat lunak dikte. Anda menginginkan perangkat lunak dikte yang ramah pengguna. Jadi Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memikirkan cara menavigasinya.

4. Peringkat dan Ulasan

Peringkat dan ulasan memberi tahu Anda banyak hal tentang suatu produk. Sebelum memilih perangkat lunak dikte, lihat ulasan dan peringkat untuk memahami kinerjanya. Mereka akan membantu Anda memutuskan apakah akan memilihnya atau mencari yang lain.

5. Privasi

Sangat penting untuk melindungi privasi Anda saat menggunakan perangkat lunak. Jika Anda memiliki masalah privasi saat menggunakan perangkat lunak dikte, periksa kebijakan privasinya di situs web pengembang. Jika itu menyatakan informasi dengan jelas, itu pertanda baik.

6. Fitur

Beberapa alat dikte memiliki banyak fitur, seperti dukungan bahasa, integrasi dengan Google, dan kemampuan untuk mendikte koreksi, sementara yang lain lebih minimalis. Bergantung pada kebutuhan Anda, Anda akan menginginkan perangkat lunak dikte dengan berbagai fitur atau fitur tertentu.

7. Harga

Perangkat lunak dikte hadir dengan harga berbeda, dari yang lebih terjangkau hingga yang mahal. Semakin banyak fitur yang dimiliki perangkat lunak dikte, semakin mahal biayanya.

Perangkat lunak dikte yang terpasang di perangkat Anda tidak memerlukan biaya apa pun, tetapi seringkali tidak memiliki banyak fitur. Inilah 5 Alat Dikte atau dictation tools gratis yang dapat digunakan pada Windows atau macOS

1. Apple Dictation

Saat mencari perangkat lunak dikte gratis untuk Mac Anda, pertama-tama pertimbangkan Apple Dictation, perangkat lunak dikte bawaan gratis yang tersedia di setiap perangkat Apple. Bagian terbaiknya adalah, menggunakan dikte di Mac Anda cukup sederhana.

Setelah Anda mengaktifkannya, Anda dapat menggunakannya di perangkat lunak apa pun yang mendukung pengetikan, selain dari Google Docs.

Perangkat lunak ini mendukung lebih dari 30 bahasa dan memiliki akurasi tinggi. Anda tidak perlu khawatir tentang terlalu banyak kesalahan selama Anda berbicara dengan jelas. Selain itu, Anda dapat menggunakan iPhone untuk memasukkan teks, berkat fitur kontinuitas Apple.

Jika Anda tidak mampu membeli perangkat lunak dikte berbayar untuk Mac Anda, Apple Dictation adalah alat yang cukup layak untuk kebutuhan dikte Anda.

2. Windows Voice Typing

Windows memiliki alat pengetikan suara bawaan yang dapat digunakan untuk mendikte komputer Anda, dan sepenuhnya gratis serta mudah diatur dan digunakan. Jika Anda menggunakan pengetikan suara di Windows 11, ada dukungan untuk lebih dari 30 bahasa, yang merupakan nilai tambah.

Tools atau alat pengetaikan ini melakukan pekerjaan yang memadai untuk menyalin teks Anda ke ucapan, tetapi hati-hati terhadap kesalahan itu. Mungkin kehilangan beberapa tanda baca dan salah mengeja beberapa kata, jadi Anda harus mengoreksi sesudahnya agar aman.

Satu kelemahan dari pengetikan suara Windows adalah memerlukan koneksi internet, yang mungkin menjadi masalah jika Anda tidak memiliki akses internet. Secara keseluruhan, jika Anda pengguna Windows yang mencari alat dikte, cobalah pengetikan suara Windows.

3. Google Docs Voice Typing

Pengetikan suara Google Documents adalah alat dikte gratis hebat lainnya untuk komputer Anda. Sesuai dengan namanya, ini adalah alat bawaan Google Documents, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman mengetik tanpa menggunakan tangan saat menggunakan perangkat lunak. Ini bermanfaat jika Anda mempertimbangkan bahwa Google Docs tidak mendukung Apple Dictation.

Satu kelemahan dari pengetikan suara Google Documents adalah hanya tersedia di Google Chrome. Tools ini juga lambat dan bukan yang terbaik saat mendiktekan tanda baca.

Namun, sebagai perangkat lunak gratis dengan dukungan untuk lebih dari seratus bahasa dan akurasi yang wajar, dikte Google Docs bagus untuk mendiktekan konten bentuk panjang. Pastikan untuk berbicara dengan jelas dan perlahan, sehingga dapat menangkap kata-kata Anda.

Untuk menggunakan Dikte Google Dokumen, klik Alat, lalu pilih Dikte. Klik ikon mikrofon yang muncul di sebelah kiri untuk mulai mendikte. Klik ikon lagi untuk berhenti mendikte. Kunjungi halaman Bantuan Editor Google Dokumen untuk daftar lengkap perintah suara.

4. Dictation.io

Dictation.io adalah alat dikte daring atau online gratis dan sederhana yang terlihat seperti halaman buku catatan. Namun, Anda hanya dapat menggunakannya di Google Chrome. Jadi, Anda harus menginstal browser jika belum memilikinya. Ini kurang akurat dibandingkan dengan pengetikan suara Apple Dictation atau Google Docs. Seperti yang terakhir, bagaimanapun, itu tidak mendukung Dikte Apple.

Dictation.io didukung 30 bahasa, termasuk Inggris, Prancis, Hindi, dan Spanyol. Anda dapat menyisipkan smiley, karakter khusus, dan tanda baca menggunakan perintah khusus. Untuk daftar semua perintah, Anda dapat menggunakan saat mendikte dengan Dictation.io, kunjungi halaman Perintah Suara.

5. . Speechnotes

Catatan ucapan hanya berfungsi di Google Chrome, tidak mendukung Dikte Apple, dan memiliki antarmuka pengguna yang sederhana. Ini alat yang hebat jika Anda mencari perangkat lunak dikte gratis dengan akurasi yang cukup.

Ada banyak dialek untuk dipilih dan daftar perintah yang bermanfaat di sebelah kanan yang dapat Anda rujuk saat mendikte. Namun, perintah terkadang gagal berfungsi. Misalnya, beberapa kali saat kami mencoba menyisipkan koma, Speechnotes mengetiknya sebagai karma.

Ada sedikit jeda antara saat Anda mendikte kata-kata dan saat muncul di layar Anda, tetapi itu adalah harga kecil untuk membayar alat dikte yang layak. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image