Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SUARA PAPUA

Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Olahraga | Thursday, 27 Jul 2023, 16:54 WIB
Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai membobol gawang Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (25/3/2023). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Lolos menuju Piala Dunia bagi Timnas Indonesia ibarat mendaki puncak Gunung Everest, terjalnya bukan main. Begitu pula dengan edisi kali ini, Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Meksiko, Kanada dan Amerika Serikat.

Untuk Piala Dunia edisi kali ini, FIFA menambah jumlah peserta dari 32 menjadi 46 tim. Dengan begitu, jatah lolos dari Benua Asia pun turut bertambah, dari sebelumnya 4,5 menjadi 8,5. Artinya, 8 tim lolos langsung plus 1 play-off.

Total, ada 46 Asosiasi Anggota AFC yang akan memperebutkan tiket ke putaran final Piala Dunia. Jalur kualifikasi Asia akan melalui dua tahap yakni Babak 1 dan Babak 2.

Sebanyak 20 Asosiasi Anggota AFC dengan peringkat FIFA terendah akan memulai perjalanan dari Babak 1. Ke-20 tim ini akan dibagi menjadi 10 pasangan dan akan diadu dengan pertandingan home-away pada 12 dan 17 Oktober.

Kemudian, tim pemenang dari Babak 1 berhak melaju ke Babak 2 yang sudah ditunggu 16 tim otomatis lolos ke Babak 2. Sehingga, total ada 36 tim yang ada di Babak 2. Pertandingan tersebut akan berlangsung dalam rentang November 2023 hingga Juni 2024.

Sebanyak 36 tim tersebut kemudian akan diundi dan dibagi ke dalam sembilan grup yang terdiri dari masing-masing empat tim. Fase grup ini akan dimainkan dengan format home-away round-robin pada periode November 2023 hingga Juni 2024. Juara dan runner up grup di fase ini akan maju ke Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia, sekaligus memastikan tempat ke putaran final Piala Asia 2027 di Arab Saudi.

Di Babak 3, 18 tim akan dibagi ke dalam tiga grup berisikan masing-masing enam tim. Juara dan runner up lolos ke putaran final Piala Dunia, sementara peringkat 3-4 masih punya kesempatan dengan berjuang di Babak 4.

Ada enam tim tersisa di Babak 4 dan dibagi menjadi dua grup dengan masing-masing tiga tim. Juara grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026, sementara dua runner up akan diadu dengan pertandingan format home-away.

Lantas, dari fase mana Indonesia akan memulai perjalanannya?

Skuad 'Garuda' memulai dari fase sangat awal, yakni Babak 1. Hal ini berdasarkan posisi Indonesia di ranking FIFA yang menempati urutan 150.

Di fase ini, Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam dalam format kandang dan tandang pada 12 dan 17 Oktober mendatang.

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Babak 1

Afghanistan v Mongolia.

Maladewa v Bangladesh

Singapura v Guam

Yamen v Sri Lanka

Myanmar v Macau

Kamboja v Pakistan

Taiwan v Timor Leste

Indonesia v Brunei Darussalam

Hong Kong v Bhutan

Nepal v Laos

Babak 2

Pot 1 (1-9): Japan, Islamic Republic of Iran, Australia, Korea Republic, Saudi Arabia, Qatar, Iraq, United Arab Emirates, Oman

Pot 2 (10-18): Uzbekistan, China PR, Jordan, Bahrain, Syria, Vietnam, Palestine, Kyrgyz Republic, India

Pot 3 (19-26): Lebanon, Tajikistan, Thailand, DPR Korea, Philippines, Malaysia, Kuwait, Turkmenistan

Pot 4: 10 tim pemenang dari Babak 1

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image