Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

Pelajari Mitigasi CO2, PPSDM Migas Berikan Pelatihan Pengantar Carbon Capture Utilization and Storag

Eduaksi | Thursday, 27 Jul 2023, 11:07 WIB

Dalam era yang semakin sadar akan isu perubahan iklim, pemanfaatan dan penyimpanan karbon menjadi topik yang semakin penting. Karbon adalah elemen yang penting dalam siklus kehidupan, tetapi peningkatan emisi karbon di atmosfer dapat menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana karbon dapat dimanfaatkan secara efisien dan disimpan dengan baik untuk mengurangi dampak negatifnya.

Sebagai kementerian yang berkaitan erat dengan karbon, Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Pengantar Carbon Capture Utilization and Storage untuk pegawai di Kementerian ESDM pada tanggal 25 Juli 2023.

Eva Faza Rif'ati, Widyaiswara dan pemimpin pelatihan ini menjelaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian ESDM harus mempunyai pemahaman menyuluruh mengenai penyimpanan dan pemanfaatan karbon yang nanti akan diberikan selama tiga hari pelatihan.

“Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pemahama mengenai penyimpanan dan pemanfaatan karbon. Beberapa materinya adalah mengapa regulasi ini perlu untuk disosialisasikan karena adanya sumber emisi CO2e stasioner dari sektor energi yaitu berupa adanya produksi bahan bakar, kilang, pembakaran gas buang (gas flaring), pembangkit listrik tenaga batubara, pabrik semen serta beberapa proses industri lainnya,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa dalam pelatihan ini peserta juga perlu memahami tentanng Pemanasan Global, Dampak, dan Penyebabnya, Jenis-Jenis Emisi Gas Rumah Kaca (GRK), Gas CO2, dan Sumbernya, Menghitung Emisi CO2, Mitigasi Emisi CO2, CCUS untuk Mitigasi Emisi CO2, Penangkapan CO2, Transportasi CO2, Utilisasi CO2, Penyimpanan CO2 pada Formasi Geologi, serta Overview Proyek CCS dan CCUS.

Seperti diketahui bahwa pemanfaatan dan penyimpanan karbon adalah langkah penting dalam upaya mengurangi emisi karbon dan menghadapi perubahan iklim. Sehingga, perlu adanya komitmen global untuk mengimplementasikan strategi yang efektif dalam pemanfaatan dan penyimpanan karbon.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image