Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sari tika

Tips Merawat Kulit Sensitif Pada Anak Saat Cuaca Panas

Gaya Hidup | Tuesday, 18 Jul 2023, 15:31 WIB
Sumber: Freepik

Jaga kulit anak dari cuaca panas dengan produk perawatan terbaik

Perawatan kulit untuk anak sangat penting untuk diketahui oleh orang tua, terkhusus saat pergantian cuaca, baik cuaca panas maupun dingin. Anak sangat rawan mengalami kulit sensitif saat cuaca ekstrem, maka dari itu orang tua harus memperhatikan dengan betul bagaimana cara merawat kulit anak saat suhu udara cepat berubah.

Pada artikel ini akan dibahas beberapa tips merawat kulit anak saat cuaca panas. Namun sebelumnya akan dibahas mengenai apakah adakah kaitan antara suhu udara dengan kulit sensitif anak? Yuk simak pembahasan berikut!

Kulit Sensitif dan Kaitannya Terhadap Cuaca Panas

Suhu udara yang meningkat akibat cuaca panas akan mempengaruhi kulit dan membuat kulit menjadi lebih sensitif. Sinar matahari yang berlebihan akan membuat kulit mudah terbakar, kemerahan, iritasi, dan terasa gatal. Selain itu, udara kering dan panas dapat menghilangkan kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi iritasi, kering, serta kasar.

Karena itu, cuaca panas dapat memperburuk masalah kulit yang sudah sensitif, seperti eksim atau dermatitis. Cuaca panas menjadikan kulit yang sensitif lebih rentan terhadap infeksi jamur dan bakteri karena kelembaban yang hilang dapat membuat kulit lebih mudah terinfeksi.

Lantas bagaimana penanganan yang bisa Moms lakukan di rumah saat cuaca panas agar si kecil terhindarkan dari berbagai masalah kulit? Yuk simak dalam tips mengatasi kulit sensitif berikut!

Tips Mengatasi Kulit Sensitif Anak Saat Cuaca Panas

Kulit anak-anak yang sensitif dapat sangat rentan terhadap iritasi dan ruam ketika cuaca panas. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengatasi kulit sensitif anak selama cuaca panas.

1. Banyak konsumsi air putih
Perbanyak konsumsi air putih saat cuaca panas karena tubuh memerlukan cairan yang cukup banyak saat cuaca panas. Hal ini akan menghindarkan dari kondisi kulit kering akibat dehidrasi khususnya aktivitas anak yang masih sangat aktif. Anda harus benar-benar memperhatikan asupan cairan dalam tubuh si kecil ya Moms!

2. Menggunakan pelembab secara rutin
Pelembab adalah produk yang penting Moms pakaikan untuk si kecil, hal ini dikarenakan saat udara panas kulit si kecil akan lebih cepat kering. Pelembab menjadi kunci agar kulit si kecil terhindar dari pecah-pecah atau kulit kering. Moms bisa memberikan beberapa produk pelembab yang beredar di pasaran yang telah terdaftar BPOM. Minyak zaitun merupakan kandungan yang dapat melembabkan kulit karena kandungan vitamin E yang umumnya digunakan untuk pelembab kulit.

3. Gunakan produk perawatan kulit yang bebas alkohol
Untuk menghindari kulit sensitif saat cuaca panas Moms harus mencari produk perawatan kulit yang tidak mengandung alkohol. Minyak Telon Habbie merupakan produk bayi yang tidak mengandung bahan kimia apapun termasuk alkohol.

4. Pakaikan baju yang longgar dan menyerap keringat
Cuaca panas membuat tubuh lebih cepat berkeringat, hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman di kulit. Moms harus memakaikan baju yang menyerap keringat untuk menghindari iritasi pada kulit. Pilih pakaian yang terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman untuk kulit anak Anda.

5. Lindungi kulit dengan sunscreen
Penggunaan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV. Moms bisa memberikan tabir surya dengan SPF 15 untuk anak usia minimal 6 bulan dengan catatan pastikan tabir surya yang digunakan tidak mengandung bahan kimia yang memiliki potensi menyebabkan iritasi kulit.

Selain menjaga kulit dengan obat produk luar, sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit dengan meminum banyak air. Anda juga perlu menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan gunakan tabir surya dengan SPF yang tepat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image