Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Fadhly

Kepedulian PTPN4 Unit Ajamu dan Gerakan Masyarakat Panai Hulu Suarakan Hak-haknya

Politik | Saturday, 15 Jul 2023, 09:52 WIB

Belum lama ini sekelompok masyarakat mengatas namakan Aliansi Masyarakat Mahasiswa Peduli Hukum Kabupaten Labuhanbatu bersama kelompok pemuda Kecamatan Panai Hulu menggeruduk Kantor PTP N4 Unit Ajamu.
Pasalnya, mereka menilai pihak perusahaan kurang memperhatikan keberadaan masyarakat daerah itu terkait lapangan kerja. Perusahaan plat merah tersebut lebih mengutamakan pekerja-pekerja yang notabennya putra diluara masyarakatnya sekitar perusahaan.Bahkan, pihak perusahaan terkesan menutup-nutupi penerimaan lowongan pekerjaan di perusahaan itu.
Protes terkait penerima pekerja di perusahaan negara itu sebelumnya pernah dilakukan kelompok masyarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Pantai Labuhanbatu dengan menggelar aksi di depan PKS Ajamu. Namun, hal itu tidak menjadi pelajaaran dan menyadarkan pihak perusahaan.
Untuk diketahui, sebuah Perusahaan memiliki peran yang penting dalam menggerakkan perekonomian suatu negara. Selain menciptakan keuntungan bagi pemiliknya, perusahaan juga memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Selain, Perusahaan memiliki kemampuan untuk mengembangkan ekonomi suatu daerah dan perusahaan juga memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.
Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) adalah tentang bagaimana perusahaan memperhatikan dampak mereka terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitarnya
Menciptaan Lapangan Pekerjaan
Salah satu manfaat utama dari perusahaan yang beroperasi di suatu daerah adalah penciptaan lapangan pekerjaan.
Dalam bisnis yang berkembang, perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan tidak terampil. Dengan membuka lapangan pekerjaan, perusahaan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan yang stabil dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar. Perusahaan.
Bahkan lapangan kerja yang dibuka oleh perusahaan juga dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran dalam suatu daerah. Selain itu, perusahaan juga dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka.
Melalui pelatihan dan pengembangan, karyawan dapat meningkatkan kemampuan mereka dan berkontribusi lebih baik dalam dunia kerja. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya memberikan pekerjaan, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas tenaga kerja di suatu daerah.
Nah, hal tersebut lah yang terlihat tidak pernah dilakukan pihak PTPN 4. Sehingga masyarakat sekitar perusahaan hanya dijadikan penonton dan menghirup limbah yang bisa merusak kesehatan.
Semoga dengan protes-protes yang dilakukan kelompok masyarakat Panai Hulu yang berada disekitar perusahaan akan menggugah hati nurani manajemen perusahaan untuk memperhatikan masyarakat setempat.
Bravoa Mahasiswa, Aktivis Pemuda, dan Masyarakat dalam menyuarakan hak masyarakat...???? ###

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image