Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hanifah Ulfa

Kegunaan Berita Kriminal Agar Masyarakat Lebih Aware Terhadap Sekitarnya

Eduaksi | Friday, 07 Jul 2023, 08:23 WIB
sumber : google.com

Pada Era digitalisasi saat ini media merupakan sarana terbesar bagi khalayak untuk bertukar informasi maupun menyebarkan Edukasi, Maka dari itu materi yang akan kita bahas kali ini ialah “efek berita kriminal bagi anak”, terlebih dari itu berita kriminal Yang ditayangkan pada media massa juga memiliki nilai positif dan negatif, Dan pada kesempatan kali ini pula kami akan menjelaskan tentang bagaimana nilai positif dari efek berita kriminal tersebut. Contoh kasus yang akan kita pelajari adalah sebagai berikut

belum lama pada 15 Maret 2023 lalu Salah satu media massa terpercaya yakni kompas.com telah membeberkan kasus bunuh diri pada mahasiswa kampus ternama yakni universitas Indonesia Yang pada analisisnya korban melakukan bunuh diri dikarenakan stress Kasus ini dibenarkan para saksi bahwa mahasiswa tersebut loncat dari apartemen nya yang berada di lantai 18. (kejadian bunuh diri terjadi pada 8/3/2023)

pada kasus ini bisa di katakan atau dikategorikan sebagai efek berita kriminal pada anak dikarenakan terlalu banyaknya berita kriminal yang sering sekali menuju pada tindakan bunuh diri, Hal ini bukan berarti korban tiba tiba terpicu untuk bunuh diri melainkan terkait seringnya seringnya berita kriminal seperti bullying lalu korban itu merasakan stress dan pada akhirnya bunuh diri.

Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit tentang kegunaan dan fungsi berita kriminal tersebut.Fungsi berita kriminal mencakup berbagai aspek yang penting dalam masyarakat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1.Informasi Publik: Berita kriminal berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan informasi tentang kejadian-kejadian kriminal kepada masyarakat. Informasi ini meliputi kasus-kasus kejahatan, penyelidikan, penangkapan, proses pengadilan, dan hasil hukumannya. Dengan adanya berita ini, masyarakat menjadi lebih tahu tentang kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar mereka.

2.Kesadaran dan Pencegahan: Berita kriminal dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi bahaya dan risiko kriminalitas di sekitar mereka. Dengan mengetahui tentang kejadian kriminal, masyarakat menjadi lebih waspada dan berhati-hati untuk melindungi diri dan orang lain. Selain itu, berita ini juga dapat mendorong pihak berwenang untuk meningkatkan upaya pencegahan kejahatan.

3.Akuntabilitas dan Transparansi: Berita kriminal membantu menjaga akuntabilitas pihak berwenang dan sistem hukum. Dengan melaporkan kasus-kasus kejahatan dan respons dari pihak berwenang, media berperan dalam memastikan bahwa proses hukum berjalan dengan adil dan transparan.

4.Mendorong Perubahan Hukum dan Kebijakan: Pemberitaan tentang kejadian-kejadian kriminal tertentu dapat mendorong masyarakat untuk mendesak perubahan hukum dan kebijakan yang lebih efektif dalam menanggulangi kejahatan. Media dapat menjadi alat untuk membahas isu-isu kriminalitas dan mendorong perubahan positif dalam masyarakat.

kesimpulannya kegunaan dari berita kriminal tersebut yakni agar masyarakat atau khalayak dapat mengetahui persis peristiwa dan kejadian tersebut dan Dapat mempelajari betul Efek efek dari kasus kriminal dan kejadian tersebut sehingga dapat lebih berhati hati dan tahu bagaimana caranya menghindari kejadian tersebut untuk tidak terulang kembali

(Universitas Muhammadiyah Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Ilmu komunikasi)

penulis : komunikasi massa (kelompok 4)

-Fairuz Zaky Ahmad -22010400157

-Hanifah Ulfa Tri Hidayah -22010400190

dosen pengampu : Ibu Siska Yuningsih M.I.Kom

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image