Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ary Gunawan

Bekerjasama UNY, SMP Mugadeta Laksanakan Workshop Penguatan Literasi

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 06 Jul 2023, 12:57 WIB
Foto bersama peserta dan narasumber (Dok. Pribadi)

Kamis (06/07), SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (SMP Mugadeta) melaksanakan workshop penguatan literasi guru bekerjasama dengan Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY). Kegiatan ini melibatkan seluruh guru dan tenaga kependidikan sebagai salah satu materi rapat kerja persiapan tahun pelajaran 2023/2024.

Kegiatan dimulai dengan orientasi program oleh Prof. Dr. Suhardi, M.Pd. mewakili tim pengabdian masyarakat. Dalam paparannya, Prof. Suhardi menjelaskan pentingnya penguatan literasi guru melalui penggunaan aplikasi teknologi pendukungnya.

"Kesempatan kali ini hadir bersama saya, Dr. St. Nurbaya, M.Si., M.Hum., Dr. Esti Swatika Sari, M.Hum., dan Ibu Beniati Lestyarini, M.Pd. Kami akan belajar bersama penguatan literasi." Demikian disampaikan Prof. Suhardi.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. St. Nurbaya, M.Si., M.Hum., dengan topik Berpikir Kreatif untuk Literasi Membaca Kreatif. Dalam paparannya, Dr. Nurbaya menyampaikan pentingnya membaca kreatif sebagai upaya menyelesaikan suatu masalah dengan ide-ide baru atau cara-cara baru.

"Membaca resep secara kreatif misalnya dapat menjadikan pembacanya mendapatkan nilai tambah dengan menemukan ide-ide menonjol yang dikaitkan dengan pengetahuan awal yang dimiliki." Demikian mengutip penyampaian Dr. Nurbaya.

Kegiatan workshop penguatan literasi (Dok. Pribadi)

Materi kedua dilanjutkan pendalaman materi terkait profil guru literat oleh Dr. Esti Swatika Sari, M.Hum. Peserta melakukan diskusi kelompok sesuai rumpun mata pelajaran dan ketugasan untuk menggali pemahaman awal terkait profil guru literat dilanjutkan window shopping menggali pengetahuan lebih dan memberikan feedback antar kelompok.

Di akhir kegiatan, Ibu Beniati Lestyarini, M.Pd. menyampaikan penguatan terkait strategi penguatan literasi sekolah. Contoh strategi literasi yang dapat diterapkan adalah lingkungan dan iklim belajar kaya teks, kegiatan-kegiatan dan pembiasaan seperti literasi membaca sebelum pelajaran, panggung literasi, gerakan Jumat membaca dan lainnya.

"Tindak lanjut dari kegiatan ini, masing-masing kelompok rumpun mulai menyusun strategi literasi yang akan dijalankan. Pertemuan berikutnya, 13 Juli 2023 dipresentasikan." disampaikan Ibu Beniati Lestyarini, M.Pd.

Kegiatan diakhiri pukul 12.00 WIB dilanjutkan dengan ibadah shalat dhuhur berjamaah. Peserta kegiatan melanjutkan kegiatan mandiri dan rapat kerja internal bersama stakeholder sekolah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image