Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Radit Purnomo

Bisnis Jastip Kembali Trending di 2023? Cari Tahu Selengkapnya Disini!

Bisnis | Tuesday, 04 Jul 2023, 11:25 WIB

Di era yang serba digital saat ini, aktivitas belanja online semakin meningkat bahkan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat saat ini. Hal ini pun menciptakan berbagai peluang bisnis baru, salah satunya bisnis Jastip. Apa itu jastip? Jastip berarti "layanan yang dapat diandalkan".

Jika Anda bepergian ke luar daerah atau luar negeri atau ingin tinggal di daerah dengan layanan kota penuh. Mungkin perusahaan jasa terpercaya ini adalah peluang bisnis yang tepat untuk Anda. Dan inilah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai.

Definisi jastip

Jastip adalah salah satu perusahaan online yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa menawarkan layanan pengiriman kepada mereka yang ingin membeli produk tetapi karena berbagai alasan tidak dapat pergi atau berbelanja sendiri.

Misalnya, jika Anda ingin menerima produk dari luar negeri bebas pajak. Atau karena Anda ingin membawa produk ke lokasi tertentu tanpa tekanan untuk acara penjualan yang sedang berlangsung. Dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Selain itu, menawarkan konsumen kesempatan untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan lebih nyaman. Jastip juga sering membeli barang-barang yang sulit, langka, atau belum dijual bebas di pasaran.

Sumber: Canva.com

Mengapa Jastip bisa menjadi keputusan bisnis yang menguntungkan?

Jastip dinilai sebagai industri yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar karena beberapa hal seperti:

Konsumen dan pasar yang jelas

Perusahaan Jastip memiliki konsumen dan target pasar yang jelas. Yaitu masyarakat yang sangat tertarik untuk membeli produk dari kota atau negara lain dengan mudah dan nyaman dengan mempercayakannya ke jatipp. Bisa dikatakan konsumen Jastip adalah konsumen kelas menengah ke atas yang setia pada produk atau merek tertentu. Jadi buatlah berbagai cara untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan.

Di sisi lain, kesepakatan ini juga memiliki tingkat potensi kerugian yang rendah. Karena Anda hanya melakukan pekerjaan jika prospek memenuhi syarat tertentu, seperti uang muka.

Modal relatif kecil

Pada prinsipnya tidak diperlukan modal untuk usaha Jastip. Pasalnya, sistemnya menggunakan mekanisme pre-order, sehingga Jastip tidak perlu membeli atau membuat produk terlebih dahulu. Lain halnya ketika Anda menjual, dimana Anda harus menggunakan modal terlebih dahulu untuk membeli produk kemudian menjualnya ke konsumen.

Namun, besaran modal kerja Jastip juga bergantung pada kontrak antara jasa yang dikomisikan dengan konsumen.

Proses bisnis yang sangat sederhana

Faktor yang membuat Jastip populer di kalangan pedagang adalah proses jual beli yang cukup sederhana. Pasalnya, pekerjaan ini bisa dilakukan sambil jalan-jalan atau memenuhi hobi dengan berbelanja. Jika Anda berencana menghadiri acara penjualan besar, bepergian ke luar kota, ke luar pulau, atau bahkan ke luar negeri. Yang harus Anda lakukan adalah mengumumkan rencana kehadiran Anda dan menawarkan layanan yang andal di media sosial atau secara langsung.

Buatlah daftar terlebih dahulu produk-produk yang bisa Anda beli di tempat yang akan Anda kunjungi selanjutnya. Kemudian berikan harga dan biaya layanan yang andal. Jika ternyata konsumen membidik salah satu produk dari katalog yang Anda tawarkan, dia juga berpeluang untuk menggunakan layanan yang Anda tawarkan.

Kemungkinan untuk mendapatkan berbagai keuntungan lainnya

Menjadi Jastippi tidak hanya memberikan Anda kesempatan untuk menerima keuntungan dari biaya layanan yang dapat diandalkan, tetapi juga untuk menerima keuntungan dalam bentuk lain. Contoh manfaat berupa produk gratis. Misalnya, jika Anda berencana membeli produk simpanan nasabah berupa baju branded. Karena Anda membeli dalam jumlah besar, kami asumsikan 5 buah. Jadi tokonya juga kasih 1 gratis karena ada promo beli 5 gratis 1. Jadi item gratis adalah keuntungan tambahan yang bisa Anda jual ke konsumen seharga produk asli atau anda dapat menyimpannya sebagai kenang-kenangan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya.

Tips memulai bisnis jastip

Dan berikut adalah beberapa tips bagi anda yang ingin memulai bisnis perawatan:

Tentukan target pasar Anda dengan jelas dan tepat

Tips pertama memulai bisnis Jastip adalah tentukan terlebih dahulu target pasar Anda. Ada baiknya lebih spesifik agar nantinya strategi pemasaran Anda lebih mudah dan fokus serta hasilnya lebih maksimal.

Misalnya, jika Anda sering bepergian ke Korea Selatan, Jastip memungkinkan Anda mengkhususkan diri pada produk Korea Selatan yang banyak diminati konsumen Indonesia. Seperti produk kosmetik, makanan, barang idola dari negeri ginseng. Dengan basis produk ini, Anda juga dapat mempromosikan layanan Anda kepada konsumen seperti penggemar K-Beauty, masakan Korea, dll.

Persiapkan sistem pembayaran yang efisien

Mengingat bisnis Jastip merupakan ide bisnis baru dan hanya dijalankan secara individual, banyak perusahaan Jastip yang belum menerapkan sistem pembayaran yang efektif. Hal ini seringkali menjadi latar belakang terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Cukup banyak kasus dimana pembeli tidak mau membayar barang yang dibeli di Jastip setelah memesan dengan berbagai alasan ringan.

Begitu juga dengan beberapa perusahaan Jastip yang tiba-tiba menghilang. Dengan ini, pembeli juga mengalami kerugian karena barang yang diinginkan tidak sampai ke tangannya, melainkan mengeluarkan uang. Untuk berbagai hal tersebut, sangat disarankan untuk mengadopsi sistem pembayaran dengan uang muka, minimal 50% dari total harga, untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

Memasang biaya jastip yang kompetitif

Konsumen yang tertarik dengan jasa pengiriman pada umumnya pasti sudah paham betul bahwa harga produk yang dibeli dari Jastip baik harga asli maupun harga setelah diskon akan lebih mahal dari harga aslinya karena ada penambahan Jastip. biaya Nah, untuk menjaring minat banyak konsumen, Anda perlu menetapkan harga yang bersaing agar bisa bersaing dengan penyedia jasa terpercaya tersebut.

Untuk menentukan biaya yang Anda bebankan kepada pembeli untuk setiap transaksi, pertimbangkan biaya pengiriman dan logistik yang Anda keluarkan. Sebagai pemain baru, tidak ada salahnya menetapkan biaya yang lebih murah untuk membangun basis pelanggan. Walaupun keuntungan yang Anda dapatkan tidak begitu besar, namun hal ini dapat mengembangkan bisnis Jastip Anda dengan cepat karena lebih menarik dari segi biaya.

Siapkan Kualitas Service Yang Terbaik

Selain biaya yang bersaing, kualitas pelayanan yang maksimal menjadi penunjang terpenting bagi banyak konsumen. Terlepas dari keadaan dan jenis prospek yang Anda layani, selalu berusaha untuk melayani mereka secara profesional. Jawab semua pertanyaan dengan suara yang menarik dan ramah.

Selain itu, cobalah bersikap transparan kepada pembeli dengan memberi tahu mereka harga asli produk tersebut. Hal ini dikarenakan pembeli biasanya sudah melakukan berbagai riset terlebih dahulu untuk mengetahui harga asli barang yang dibelinya. Dengan menggunakan transparansi ini, pembeli lebih percaya diri dan percaya bahwa Anda adalah orang yang jujur.

Kesimpulan

adi dapat disimpulkan bahwa bisnis jastip merupakan salah satu opsi bisnis yang masih sangat menguntungkan hingga hari ini. Terutama untuk anda yang suka jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri atau hobi terhadap hal tersebut. Namun siapa sangka kalau bisnis jastip juga bisa menjadi lebih mudah ketika anda memanfaatkan kemajuan teknologi yakni software ERP? Hal ini dapat terjadi karena software ERP dapat mendukung seluruh proses bisnis anda dari pembelian dan penjualan, inventory, akuntansi dan keuangan, hingga human resource apabila anda membutuhkannya dan semua dapat di manage dengan satu aplikasi yang terintegrasi yakni Ukirama ERP. Selain fiturnya yang sudah sangat lengkap, harganya yang sangat terjangkau juga sangat menarik untuk dicoba dalam memaksimalkan proses bisnis jastip anda. Apalagi jika bisnis jastip ini merupakan bisnis utama anda, tentu anda harus me-manage semaksimal mungkin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image