Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hendra Setiawan

8 Cara Membuat Ulasan Bisnis yang Efektif dari Konsumen

Bisnis | Monday, 03 Jul 2023, 18:32 WIB

Anda pernah mendengar tentang ulasan bisnis itu penting? Memang, hal ini benar adanya. Ulasan atau review juga salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis. Maka, pelaku bisnis harus mengetahui cara membuat ulasan bisnis yang efektif agar usaha terus berkembang dan mendapatkan laba sesuai ekspektasi.

Dilangsir dari situs galagasi Berkaitan tentang ulasan, biasanya ada fitur yang menjadi tempat pelanggan memberi review untuk bisnis, seperti Google Review. Konsumen akan mau memberikan ulasan, jika Anda memberikan beberapa hal yang efektif. Apa hal tersebut? Penjelasannya ada dalam uraian berikut!

Cara Membuat Ulasan Bisnis Yang Efektif

Penilaian bisnis secara personal memiliki pengaruh kuat kepada publik. Sayangnya, konsumen banyak yang tidak mau memberikan ulasan. Namun ada beberapa cara meningkatkan ulasan produk bisnis Anda, inilah caranya :

1. Buat Daftar Email Terlebih Dahulu

Sekarang bisnis kebanyakan berjalan juga secara online. Jelas, Anda sudah memiliki beberapa daftar email pelanggan. Entah yang order sekali atau berkali-kali. Daftar email tersebut ternyata sangat berharga untuk pemasaran. Maka lakukan cara ini :

·Silahkan kirim email kepada daftar pelanggan bisnis Anda. Beri pemberitahuan jika sedang meluncurkan produk yang baru. Supaya semakin menarik, berilah penawaran khusus/diskon.

·Pertumbuhan bisnis Anda akan semakin cepat dan bisa berkembang pesat, jika alamat email yang tersimpan juga semakin banyak. Berikan diskon atau pelayanan khusus ketika ada yang mau memberi review ketika order.

2. Deskripsikan Produk dengan Baik

Pebisnis yang menjalankan bisnis secara online, sebaiknya harus bisa mempermudah calon pembelinya. Oleh karena itu, berikan deskripsi setiap produk yang Anda jual. Penjelasan tentang gambaran produk bisa berupa bahan pembuatan, fitur, kelebihan produk, dan lain sebagainya.

Tujuan adanya deskripsi tentu saja untuk membuat calon pembeli tertarik. Biasanya mereka akan memberikan respon ulasan ketika produknya yang dibeli sudah datang. Mereka akan memberikan feedback suka/tidak suka dengan produk tersebut.

3. Menawarkan Percobaan Secara Gratis atau Trial

Cara membuat ulasan bisnis yang efektif selanjutnya dengan menawarkan masa trial atau uji coba gratis. Harapannya supaya banyak orang mencicipi/menggunakan produk terlebih dahulu kemudian memberi ulasan dengan cuma-cuma.

Cobalah memberi penawaran dengan masa uji coba gratis. Batasi setidaknya 2 hari dengan syarat mereka harus memberi ulasan pada produk tersebut. Cara ini terbukti ampuh dan powerfull untuk memasarkan produk Anda. Bersiaplah menerima ulasan, baik yang positif maupun negatif.

4. Tampilkan Foto maupun Video Produk

Agar jualan online memperoleh omset tinggi, teruslah lakukan layanan untuk mempermudah calon pembeli. Anda harus mampu mengajak pembeli melihat dan mengetahui produk/jasa yang sedang ditawarkan.

Lebih baik tampilkan foto produk secara bagus dan detail, agar semua calon konsumen mengetahui produk tersebut. Bila diperlukan berian video ringkas tentang produk yang ditawarkan tersebut.

5. Berikan Pelayanan yang Luar Biasa

Cara membuat ulasan bisnis yang efektif selanjutnya adalah dengan memberi pelayanan terbaik kepada konsumen. Layanan sangat penting, karena berdampak besar untuk bisnis Anda.

Tidak heran setiap bisnis harus memiliki Costumer Service yang siap melayani seluruh keluhan hingga pertanyaan konsumen. Biasanya konsumen yang puas pasti dengan sukarela akan bersedia memberi ulasan tentang produk anda.

Mereka juga akan memberitahu semua orang saat produk/jasa Anda layak untuk digunakan dan dipilih. Hal ini menjadi feedback positif pada bisnis. Ulasan tersebut juga mampu menghasilkan konversi lebih banyak untuk bisnis.

6. Tulislah Deskripsi Pembeli

Maksudnya, sekarang ini kebanyakan orang memilih berbelanja online untuk semua keperluan. Oleh karena itu, demi memudahkan calon costumer, sebaiknya berikan juga deskripsi pembeli.

Tujuannya untuk melihat ulasan tentang kecocokan produk dengan konsumen tersebut. Sehingga konsumen bisa tahu siapa saja yang cocok untuk memakai barang tersebut.

7. Gunakan Fitur Ulasan yang Simpel

Konsumen tidak suka cara yang ribet, jadi jika bertemu cara yang ribet, mereka akan meninggalkan produk tanpa memberi ulasan. Oleh karena itu, jangan meminta informasi-informasi yang tidak penting ketika pelanggan ingin menulis ulasan mereka.

Jika sampai melakukan demikian, akan mempersulit para konsumen. Ingatlah, bisnis hanya perlu ulasan mereka bukan biodata lengkap mereka.

Jangan lupa membuat strategi yang sederhana dalam formulir kolom ulasan konsumen. Sebaiknya sediakan formulir simpel dan sederhana. Dengan cara simpel, maka bisa menambah jumlah ulasan produk.

8. Pastikan Website Friendly

Cara membuat ulasan bisnis yang efektif selanjutnya adalah dengan memastikan website friendly. Bagi Anda yang bisnisnya berjalan menggunakan website, maka usahakan website bisa diakses dengan mudah.

Konsumen mudah menggunakan, tidak ribet, dan saat mau memberi ulasan konsumen tidak harus melakukan langkah-langkah yang panjang. Jika Anda sudah mampu menghadirkan hal ini, kemungkinan besar ulasan akan bertambah banyak.

Demikianlah cara membuat ulasan bisnis yang efektif yang bisa Anda praktekkan mulai sekarang. Soalnya semakin banyak ulasan, calon konsumen akan semakin yakin untuk melanjutkan pembelian. Semoga membantu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image