Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image muhammad rafif zainal haq

Ajaran Islam dalam Pentingnya Hidup Sehat

Agama | Monday, 03 Jul 2023, 17:09 WIB

Kenapa menjaga kesehatan itu penting? Karena kesehatan merupakan aset berharga untuk melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari karena atas karunia Allah kepada hamba-hamba-Nya. Sulit bagi manusia untuk melakukan rutinitas yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan fisik. Paradigma masyarakat modern sudah mulai mengubah penyembuhan. Upaya (pengobatan) Upaya kesehatan preventif (pencegahan). Kesehatan merupakan anugerah yang sangat berharga dari Tuhan. Pernahkah kita bertanya-tanya berapa harga ginjal manusia? Ada yang menawarkan 2 milyar, 3 milyar dan seterusnya, sedangkan Allah memberikan tanpa syarat, kita manusia hanya membutuhkannya.

Mencegah penyakit seringkali lebih penting daripada mengobatinya yang mengakibatkan Zat asing (bahan kimia) masuk ke dalam tubuh bersama makanan. Apa yang dikatakan Nabi dalam hadits yang berbunyi “Sumber penyakit adalah perut, perut adalah gudangnya penyakit, dan puasa adalah obat (HR Muslim). Kebiasaan tidak sehat, kurang olahraga, tidur larut malam, kebersihan pribadi yang buruk, merupakan alasan mengapa seseorang jatuh sakit dengan banyak penyakit. Itulah sebabnya Rasulullah menyebutkan dalam sebuah hadits: “Apabila salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, jangan mencelupkan tangannya ketempat wuduknya, sehingga mencuci tangannya sebanyak tiga kali, karena salah seorang diantara kalian tidak tahu dimana tangannya bermalam’’ (HR. Sunan Nasa’I).

Petunjuk berharga Nabi dalam hadits di atas diberikan kepada kita melalui pelajaran hidup sehat yang patut kita pelajari dan yang perlu kita lakukan, seperti:

1. Sebelum Makan, Cuci Tangan Dengan Air Mengalir dan Sabun atau Antiseptic.

Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dapat mengurangi diare hingga 47% untuk Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), hingga 30% memiliki penyakit inspeksi yang lebih berbahaya seperti hepatitis A, toksoplasmosis, dan sejenisnya.

Dengan itu, kita dapat mencegah infeksi dengan mencuci tangan sampai bersih sebelum makan.

2. Memulai Makan Dengan Menyebut Nama Allah SWT

Seperti pa yang telah disampaikan dalam hadisnya yang bersumber dari Aisyah Rasulullah bersabda yang artinya: Jika salah seorang diantara kalian menyantap makanan , hendaknya dia membaca ‘ BISMILLAH’ , Jika ia lupa membacanya maka hendaknya dia mengucapkan ‘’bismillahi fi awwalihi waakhirihih (dengan menyebut nama Allah pada permulaan dan akhirnya ) “ ( HR. Abu dawud, AT-Tirmidzi, dan ibnu majah). Memohon perlindungan saat makan adalah sangat penting, karena Allah yang member kesehatan, kekuatan fisik dan penyembuh penyakit.

3. Makan Menggunakan Tangan Kanan

Pada dasarnya makan dengan tangan kanan merupakan apresiasi orang, yang dimana tangan kiri merupakan tangan yang sering digunakan untuk urusan belakang.

Islam sendiri sangat menekankan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat dan hadits yang menjelaskan pentingnya kesehatan. dapat disimpulkan bahwa kesehatan menjadi perhatian utama, salah satunya yaitu :

Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup, Banyak Berisi Perintah Untuk Hidup Sehat

Perintah dan Petunjuk Hidup Sehat dalam Al-Quran memiliki banyak panduan, mulai dari mencuci, mandi, berpakaian, makan dan hampir semua aspek hidup diatur oleh al-Qur'an untuk mencapai satu kata yang memiliki arti penting, yaitu kesehatan. Salah satu contoh ajaran Islam yang berhubungan dengan kesehatan adalah perintah untuk makan makanan yang baik dan halal dan tidak berlebihan. Contoh ayat yang menjelaskan hal tersebut adalah Surat al-Baqarah ayat 168 yang artinya: "Hai manusia, makanlah yang halal dan baik dari apa yang ada di bumi, dan jangan ikuti langkah-langkah setan, karena setan adalah musuh yang nyata bagimu."

Jadi bisa kita simpulkan bahwa Islam dan kesehatan memiliki hubungan yang erat. Secara tidak langsung ayat-ayat Alquran dan Hadits banyak sekali merujuk pada hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Beberapa di antaranya termasuk menjaga pola makan, manajemen berat badan, dan berolahraga. Menjaga pola makan yaitu dengan memperhatikan makanan apa yang akan dimakan, terdapat kandungan yang membahayakan tubuh atau tidak, terbuat dari bahan yang halal atau haram, dan diperingatkan untuk tidak makan secara berlebihan dikarenakan dapat membuat lesu saat menjalankan ibadah. Sedangkan menjaga berat badan dilakukan dengan ibadah puasa. Selain anjuran dalam agama Islam dari sunah sampai wajib, metode berpuasa dalam kacamata kesehatan mampu membatasi kalori yang masuk dalam tubuh, sehingga dengan otomatis tubuh akan menggunakan lemak untuk diubah menjadi energi. Kemudian olahraga adalah salah satu aktivitas yang digemari Rasulullah yang juga menjadi salah satu sunah dalam agama Islam. Dengan berolahraga seseorang akan mendapat kekuatan otot untuk menopang tubuh, sehingga tidak mudah lelah saat menjalankan muamalah di kehidupan seharihari. Pola hidup sehat dalam pendidikan Islam mengajarkan remaja/siswa sekolah untuk lebih teliti dalam mengkonsumsi sesuatu, apakah barang itu halal atau haram, dan membahayakan bagi tubuh atau tidak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image