Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Afrizal Wahyu

Efektivitas Penggunaan Aplikasi Microsoft Excel Terhadap Pengelolaan Data Audit

Edukasi | Monday, 26 Jun 2023, 16:55 WIB

Dalam pemenuhan dan penyelesaian audit diperlukan berbagai instrumen yang digunakan untuk mempermudah dalam prosesnya. Berbagai bentuk dari sistem bantu, pengolah data ini yang bisa dioperasikan secara bebas atau gratis dan ada juga yang hanya dioperasikan untuk pengguna yang berlangganan atau prabayar. Salah satu aplikasi pengolah data yang biasa digunakan secara bebas atau tidak perlu berlangganan adalah aplikasi Microsoft Excel. Saat kita membeli perangkat laptop atau Personal Computer biasanya sudah terdapat fitur bawaan berupa Microsoft Office yang didalamnya ada aplikasi lainnya. Microsoft Excel merupakan suatu bentuk aplikasi yang menjadi bagian dari Microsoft Office.

Microsoft Excel adalah program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik (angka). Hal ini sangat membantu pengolahan data dalam prosedur audit jika dapat dimaksimalkan penggunaannya. Apalagi dengan bebasnya pemakaian dan kemudahan dalam penggunaan menjadi nilai plus perangkat lunak ini untuk membantu auditor menjalankan proses audit. Pengolahan data dilakukan menggunakan rumus dalam Spreedsheet. Data dalam spreedsheet Microsoft Excel dapat dihitung dan diolah secara akurat menggunakan rumus-rumus tertentu yang tersedia. Berikut adalah rumus-rumus dalam Microsoft Excel yang sering digunakan untuk membantu dalam pengolahan data audit :

a. SUM

Rumus Sum memiliki fungsi untuk melakukan perintah penjumlahan data atau penambahan semua angka yang terdapat pada beberapa sel atau range yang ditentukan.

Contoh Penggunaan Rumus Sum

b. VLOOKUP

Rumus vlookup memiliki fungsi untuk mencari data di kolom pertama tabel data dan mengambil nilai dari sel manapun di baris yang sama.

Contoh Penggunaan Rumus Vlookup

c. PIVOT TABLE

Pivot table merupakan fitur yang ada di Microsoft Excel yang memungkinkan pengguna mengambil informasi secara efisien dari himpunan data dalam jumlah besar. Disamping itu fitur ini juga digunakan untuk mengelompokkan atau meringkas data. Pivot table dapat mengkalkulasi setiap item yang ditampilkan.

Contoh Penggunaan Rumus Pivot Table

Perangkat lunak Microsoft Excel terdapat banyak sekali fitur-fitur yang jika digunakan secara maksimal dapat sangat membantu dalam pengerjaan pengolahan data. Yang dimana pengolahan data adalah makanan sehari-hari bagi seorang auditor. sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur yang lebih kompleks namun juga sangat membantu meringankan pekerjaan auditor dalam mengolah data jika dapat mengeksplore Microsoft Excel lebih dalam lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image